Breaking News:

Belanda vs Turki, De Oranje Waspadai Burak Yilmaz

BELANDA harus ekstra hati-hati saat menjamu Turki dalam pekan keenam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Eropa di Stadion Johan Cruijff Arena

Editor: bakri
Belanda vs Turki, De Oranje Waspadai Burak Yilmaz
FOR SERAMBINEWS.COM

BELANDA harus ekstra hati-hati saat menjamu Turki dalam pekan keenam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Eropa di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Rabu (8/9/2021) dini hari WIB nanti. Duel terakhir kedua tim terjadi pada pekan pertama kualifikasi di Istanbul, Maret lalu. Ketika itu, Belanda yang masih diasuh Frank de Boer dipermalukan oleh tuan rumah dengan skor 4-2.

Burak Yilmaz mengemas hattrick diikuti satu gol dari Hakan Calhanoglu. Belanda memperkecil ketinggalan lewat gol Davy Klaassen, dan Luuk de Jong. Kekalahan itu mempertegas inferioritas

De Oranje terhadap tim Bulan Sabit belakangan ini. Lima tahun lalu atau pada 2016, Belanda juga dipermalukan Turki, 3-0, pada ajang kualifikasi Euro 2018 hingga mereka akhirnya gagal lolos ke putaran final kompetisi antarnegara terbesar di Benua Biru itu.

Dan, Burak Yilmaz kembali jadi mimpi buruk tim Oranye kala itu, dengan memproduksi dua gol. Dalam tiga duel terakhir, striker Lille ini selalu membobol gawang Belanda. Dari tiga duel terakhir, dia enam kali membobol gawang Oranye. Meski kini berusia 36 tahun, Burak tetap sangat berbahaya. Ia menjadi topskor sementara tim "Bulan Sabit" di ajang kualifikasi ini dengan empat gol. Burak juga jadi pemain dengan nilai tertinggi di situs Whoscored yaitu 7,73.

Jangan lupa, pemain yang identik dengan nomor punggung 17 ini pula yang jadi aktor utama Lille menyingkirkan tim raksasa Paris Saint Germain (PSG), untuk menjuarai Ligue 1 musim lalu. Burak yang didatangkan pada musim 2020 dengan status free transfer, menjadi top skor Lille di Ligue 1 dengan 16 gol dari 28 laga.

Di Timnas Turki, Burak mendapatkan partner ideal, Hakan Calhanoglu, yang selalu berada di belakangnya. Gelandang Inter Milan ini rajin memberikan umpan-umpang matang, dan sekarang jadi top assists di tim "Bulan Bintang" dengan empat assists. Turki kini memimpin klasemen sementara Grup G dengan 11 poin dari lima laga.

Skuat asuhan Senol Gunes ini sedang mengobati luka setelah tampil mengecewakan di Euro 2020.

Digadang-gadang sebagai tim kuda hitam karena diperkuat para pemain bertalenta, mereka malah langsung tersingkir dengan tiga kali kalah, dan hanya bisa cetak satu gol.

Di Kualifikasi Piala Dunia ini, Turki tancap gas di awal dengan melibas Belanda, 4-2, dan Norwegia 3-0. Namun sempat mengendur kemudian setelah ditahan Latvia dan Montenegro, sebelum mendapatkan momentumnya kembali dengan menggasak Gibraltar 3-0.

"Kemenangan ini modal bagus untuk pertandingan selanjutnya melawan Belanda. Mereka akan bermain di depan pendukungnya. Mereka pasti akan sangat berbeda dengan saat terakhir kita bertemu," kata Burak mengomentari laga melawan Oranye.

Sementara tuan rumah Belanda menatap laga ini bermodal kemenangan mengesankan 4-0 atas Montenegro. Itu menjadi kemenangan pertama pelatih Louis van Gaal yang menggantikan Frank de Boer usai tim Oranye gagal di Euro 2020 lalu. Dalam debutnya, van Gaal sempat kecewa setelah timnya ditahan Norwegia, 1-1, pada Kamis (2/9/2021). Namun, usai membantai Montenegro, dengan semringah pelatih berusia 70 tahun ini memuji para pemainnya.

"Tidak ada lagi yang saya minta setelah mereka cetak empat gol tanpa kebobolan. Padahal, Montenegro menarik sepuluh pemainnya di lini belakang. Saya harap, agresivitas, dan produktivitas seperti ini diperlihatkan pula saat melawan Turki," ujar van Gaal yang kini tercatat sudah tiga kali menangani Oranye di tiga periode berbeda.

Belanda saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 10 poin hasil dari lima laga. Poin mereka sama dengan Norwegia namun unggul selisih gol. Kemenangan atas Turki bakal memudahkan perjalanan tim Oranye selanjutnya untuk lolos ke Qatar, setelah mereka gagal mentas pada Piala Dunia di Rusia, 2018 lalu.

Sebagai gambaran, usai menjamu Turki, Belanda akan tur ke Latvia dan menjamu Gibraltar pada Oktober mendatang. Kemudian, mereka akan terbang ke Montenegro dan menjamu Norwegia dalam dua laga terakhir pada November nanti. Di atas kertas, jika bisa meraup tiga poin dalam duel dini hari nanti, jalan tim Oranye ke Qatar sudah terbuka lebar.

Belanda berharap kembali kepada ketajaman Memphis Depay di laga ini. Striker Barcelona tersebut mengemas dua gol ke gawang Montenegro, untuk menjadi top skor tim dengan empat gol. Di La Liga, performa penyerang berusia 27 tahun ini juga mengilap dengan mengemas dua gol dan satu assists dari tiga laga. (tribunnews/den)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved