Breaking News:

Telah Siapkan Sejumlah Program

Bupati Aceh Barat, Ramli MS saat ditanyai Serambi tentang kesiapannya menjadi calon wakil gubernur Aceh mendampingi Muzakir Manaf

Editor: bakri
SERAMBI/HENDRI
Ramli MS, Bupati Aceh Barat 

Bupati Aceh Barat, Ramli MS saat ditanyai Serambi tentang kesiapannya menjadi calon wakil gubernur Aceh mendampingi Muzakir Manaf dalam pilkada mendatang, mengaku telah menyiapkan sejumlah program. Di antaranya dari sisi lapangan kerja, pembebasan daerah terisolir, pengembangan agama, serta modal usaha untuk masyarakat Aceh.

“Pertama kita akan menciptakan lapangan kerja dalam jangka panjang dengan membuka perkebunan kelapa sawit atau karet untuk daerah pedalaman Aceh,” kata Ramli MS.

Secara khusus kepada para mantan kombatan GAM, Ramli berjanji akan diwujudkan lapangan kerja sebagaimana yang pernah pemerintah janjikan. Menurut dia, pembukaan lapangan kerja ini sangat tergantung pada kebijakan Pemerintah Aceh, jadi bukan salah Pemerintah Pusat.

“Mewujudkan lapangan kerja sangat tergantung pada Pemerintah Aceh. Kita akan lakukan secara bertahap nantinya, Insya Allah lima tahun selesai semua,” ujar Ramli dengan optimis.

Menyangkut dengan pembukaan lahan perkebunan, Ramli menjelaskan bahwa kebun yang akan dibangun tersebut mulai dari persediaan bibit. Semuanya akan ditanggung oleh pemerintah persis seperti yang pernah dilakukannya di Kabupaten Aceh Barat.

Sebagai upaya memakmurkan para petani, Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Muzakir-Ramli MS nanti dia katakan, juga akan menghibahkan hand traktor dan menyediakan sumur-sumur bor untuk sawah tadah hujan di Aceh.

Tidak cukup sampai di situ, Ramli juga menyebutkan berbagai program lainnya. Seperti di bidang pendidikan, pihaknya berjanji akan menciptakan kesejahteraan guru dan meningkatkan kualitas guru, serta menyediakan beasiswa baik untuk sekolah umum maupun pesantren.

“Khusus untuk dokter akan kita sekolahkan secara gratis untuk menjadi dokter spesialis paling kurang 300 orang per tahun,” pungkasnya. Pihaknya juga akan menyediakan gedung laboratorium bahasa arab, inggris dan jepang yang bisa diakses masyarakat secara gratis, persis seperti yang sudah dilakukan di Aceh Barat saat ini.

Di bidang infrastruktur, Ramli menuturkan, akan membebaskan daerah-daerah terisolir, serta memberikan modal usaha Rp 15 juta per kepala keluarga seperti yang sudah dia lakukan di Aceh Barat saat ini.

“Dalam bidang pengembangan agama, kita anggarkan anggaran untuk majelis taklim untuk seluruh kabupaten/kota, serta menyediakan anggaran kepada pesantren-pesantren termasuk gaji guru ngaji sesuai keinginan para ulama-ulama nantinya,” tutupnya.(c45)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved