Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Baitul Mal Aceh Selatan Sosialisasikan Pembentukan Baitul Mal Gampong di Kluet Timur

Kegiatan ini menghadirkan para keuchik, tuha peut, kaur perencanaan pemerintah gampong, pengurus masjid, dan perwakilan pengurus Badan Usaha Milik Gam

Penulis: Taufik Zass | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan menyosialisasikan pembentukan Baitul Mal Gampong dalam Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan di Masjid Nurul Iman Gampong Lawe Sawah, Rabu (8/9/2021) 

Kegiatan ini menghadirkan para keuchik, tuha peut, kaur perencanaan pemerintah gampong, pengurus masjid, dan perwakilan pengurus Badan Usaha Milik Gampong se-Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan menyosialisasikan pembentukan Baitul Mal gampong dalam Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan

Sosialisasi ini dilakukan di Masjid Nurul Iman Gampong Lawe Sawah, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan ini menghadirkan para keuchik, tuha peut, kaur perencanaan pemerintah gampong, pengurus masjid, dan perwakilan pengurus Badan Usaha Milik Gampong se-Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan

Camat Kluet Timur, Gusmawi Mustafa, yang diwakili oleh Sekcam Kluet Timur, Muhammad Yusuf, menyebutkan harapannya agar terbentuknya Baitul Mal Gampong di sembilan gampong dalam Kecamatan Kluet Timur.

"Semoga di Kluet Timur akan terbentuk Baitul Mal Gampong, sehingga bagi masyarakat yang ingin menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) tidak harus pergi ke Baitul Mal Kabupaten," terang Muhammad Yusuf dalam sambutannya.

Muhammad Yusuf juga menambahkan dengan adanya Baitul Mal Gampong, nantinya akan memudahkan pendataan penerima ZIS di gampong. 

Dengan demikian penyalur di tingkat gampong juga dapat dengan mudah memilih penerima.

Kabag Pengumpulan Data Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, Firdaus yang menjadi pemateri menjelaskan Baitul Mal Gampong telah diatur dalam Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018.

"Baitul Mal merupakan lembaga pengelola zakat, infaq dan harta keagamaan lainnya, menjadi Nazir Wakaf dan Wali dalam wilayah gampong dan diberikan kewenangan sendiri mengelola dana ZIS yang berhasil dikumpulkan," jelas Firdaus.

Pada kesempatan itu, Firdas juga menambahkan, Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan akan siap mendampingi dan membina gampong - gampong yang akan membentul Baitul Mal Gampong. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved