Breaking News:

Jurnalisme Warga

Cara Sehat Kakek T A Rasyid

KEPALA Keuangan Kabupaten Aceh Utara tahun 1990- an Teuku Abdul (TA) Rasyid merupakan sosok pimpinan yang dikenal sangat disiplin

Editor: bakri
Cara Sehat Kakek T A Rasyid
FOR SERAMBINEWS.COM
Prof. Dr. APRIDAR, S.E., M.Si Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan USK dan Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (Uniki) Aceh, melaporkan dari Lhokseumawe Aceh

KEPALA Keuangan Kabupaten Aceh Utara tahun 1990- an Teuku Abdul (TA) Rasyid merupakan sosok pimpinan yang dikenal sangat disiplin. Setiap pekerjaan yang beliau tangani selalu dilaksanakan dengan serius dan penuh tanggung jawab. Sehingga, semua bawahan beliau terbiasa bekerja dengan patuh dan disiplin.

Tidak ada pegawai saat itu yang tidak mengenal beliau yang sangat murah senyum tersebut. Di umur yang telah mendekati 110 tahun, beliau masih terlihat sehat dan ceria. Saat berumur 70-an beliau masih menjuarai turnamen tenis yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) Lhokseumawe. Ketika beliau mendaftarkan untuk ikut turnamen, panitia sempat enggan mendaftarkan beliau.

Namun, pimpinan BI yang juga sahabat beliau memberikan kesempatan khusus kepadanya untuk menjadi peserta kehormatan. Di luar dugaan, semua penonton kaget campur kagum karena ternyata beliau masih mampu menjuarai turnamen tersebut.

Saat masih aktif, TA Rasyid juga berprofesi rangkap sebagai auditor perbankan yang sangat berintegritas. Beliau sering menangis saat berhadapan dengan pengelola bank yang memberi beliau uang sebagai tanda terima kasih. Dengan senyum ramah dan cara halus beliau menolak pemberian tersebut.

Menurutnya, tugas yang ia laksanakan adalah pembinaan agar operasional perbankan berjalan dengan baik dan benar, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi. "Auditor itu bukan lembaga pencari kesalahan, tapi lebih kepada memberikan masukan untuk perbaikan pada setiap kekurangan yang terjadi," ucapnya saat berbincang dengan saya, Sabtu lalu. Pola hidup sederhana yang beliau praktikkan, membuat kesehariannya selalu sehat dan gembira.

Dengan menempati rumah sederhana bersama beberapa anak dan cucunya beliau terlihat sangat gembira. Canda tawa dari cucu merupakan anugerah sangat besar nilainya. Anak-anak beliau yang berjumlah selusin terlihat kompak, akur, serta disiplin. Ini merupakan salah satu hasil dari didikan sangat baik dan konsisten yang beliau terapkan.

Sebagian anak-anak beliau yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil sudah memasuki masa pensiun. Pada hari-hari besar seperti Lebaran dan hari ulang tahun ketika semua anak, menantu, dan cucu-cucunya kumpul terlihat rumah yang adem tersebut ramai seperti suasana sedang ada pesta. Kebersamaan dan kekompakan sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah selalu dipraktikkan oleh keluarga bahagia tersebut. Hampir semua sahabat seangkatan beliau telah berpulang ke rahmatullah. Mengisi hari-hari di masa tua, beliau selalu bersilaturahmi dengan rutin berkunjung ke “Kedai Kopi Atra Lhokseumawe”.

Dengan menikmati kopi pagi beliau sering bercengkerama dengan teman-teman yang rata-rata berumur lebih muda darinya. Ajakan untuk selalu berkarya dengan tidak lupa mensyukuri nikmat yang begitu banyak Allah limpahkan merupakan petuah yang sering beliau utarakan saat berjumpa dengan teman-temannya. Beliau juga sering dijadikan sebagai panutan. Wejangan yang sering beliau utarakan dijadikan sebagai pedoman hidup.

Semua teman akrabnya sangat senang bersilaturahmi dengan Pak TA dikarenakan beliau tak pernah bergibah, yaitu membicarakan keburukan orang lain, sehingga beliau disukai oleh banyak orang. Motivasi untuk melakukan berbagai prestasi serta kebajikan sering beliau sarankan yang membuat orang termotivasi untuk berkarya serta berinovasi.

Di lingkungan tempat tinggalnya, Pak TA dijadikan sebagai penasihat dan sering dimintai berbagai pendapat setiap ada persoalan yang dihadapi masyarakat. Saran pendapat yang beliau berikan sejalan dengan petunjuk dari Al-Qur'an dan sunah. Pendapat dan saran beliau selalu update untuk semua kalangan. Kepiawaian serta kesantunan yang melekat dalam diri menjadikan beliau orang yang selalu disegani serta dimuliakan. Sekarang ini sangat jarang kita temui orang yang berumur di atas 90 tahun. Bilapun ada dapat dihitung dengan jari.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved