Breaking News:

Hardikda

Illiza Sa'duddin Djamal: Hanya Aceh Punya Hari Pendidikan Daerah

Ia mengatakan, pembangunan pendidikan Aceh harus dilakukan secara kolaboratif. Ia mencontohkan, di Aceh memang sudah tidak ada daerah 3T, tapi persoal

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Anggota DPR RI asal Aceh yang duduk di Komisi X membidangi pendidikan, Illiza Sa'duddin Djamal menyebutkan hanya di Aceh ada peringatan Hari Pendidikan Daerah (Harpenda) yang diselenggarakan tiap tahun. 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI asal Aceh yang duduk di Komisi X membidangi pendidikan Illiza Sa'duddin Djamal menyebutkan hanya di Aceh ada peringatan Hari Pendidikan Daerah (Harpenda) yang diselenggarakan tiap tahun.

"Di daerah lain tidak ada Harpenda. Cuma ada di Aceh, karenanya harus dioptimalkan betul agar pendidikan di Aceh lebih maju," kata Illiza dalam Webinar "Meneropong Pendidikan Aceh" diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Pascasarjana Aceh(IMPAS) secara virtual, Rabu (8/9/2021) malam.

Webinar dibuka Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dipandu moderator Cut Novita Srikandi.

Ia mengatakan, pembangunan pendidikan Aceh harus dilakukan secara kolaboratif. Ia mencontohkan, di Aceh memang sudah tidak ada daerah 3T, tapi persoalannya, ternyata sarana dan sarana seperti jaringan internet yang ada tidak tersedia.

Baca juga: Disdik Bangun 20 MCK Sekolah di Pidie, Dana Diplotkan  Rp 2,5 Miliar, Proyeknya Di-PL-kan

"Saya baru berkunjung ke Pulau Aceh ternyata jaringan internet tidak ada, sementara proses pendidikan dilakukan secara daring," katanya.

Baca juga: Bintang Liga Premier Asal Brasil Dilarang Bertanding Lima Hari, Langgar Aturan Covid-19 Inggris

Begitu juga penyebaran guru, ternyata tidak merata di Aceh, termasuk masih ditemukan anak-anak tidak sekolah justru terjadi di Kota Banda Aceh. "Bagaimana dengan anak-anak yang hidup di luar kota," tanya Illiza.

Illiza mengharapkan forum gagasan dan ide yang diutarakan dalam forum ini bisa diimplementasikan.

"Matahari pendidikan akan bersinar kembali, kalau gagasan dan ide yang muncul bisa diimplementasikan," ujar Illiza mengakhiri penyampaian pendapatnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved