Breaking News:

Pelabuhan Lampulo ‘Banjir’ Ikan

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Lampulo, Banda Aceh, saat ini tengah ‘banjir’ ikan

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Suasana lelang ikan tongkol yang harganya sedang murah di PPS Kutaradja Lampulo, Banda Aceh 

BANDA ACEH - Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Lampulo, Banda Aceh, saat ini tengah ‘banjir’ ikan. Hal ini menyusul meningkatnya pasokan ikan hasil tangkapan nelayan, yang berkisar antara 60 hingga 100 ton lebih.

Meningkatnya pasokan ikan di PPS Lampulo tersebut diketahui berdasarkan catatan yang disampaikan Kepala UPTD PPS Kutaradja Lampulo, Oni Kandi, kepada Serambi, Rabu (8/9/2021). “Untuk hari-hari tertentu, volume ikan yang dibongkar bisa mencapai di atas 100 ton,” sebutnya.

Oni merinci, tanggal 4 September, jumlah boat yang melakukan bongkar muatan sebanyak 20 unit, dengan jumlah muatan sebanyak 105,5 ton. Tanggal 5 September, jumlah boat yang masuk 11 unit, dengan hasil tangkapan sebanyak 71,1 ton. Selanjutnya tanggal 6 September, jumlah boat yang masuk 16 unit, dengan jumlah tangkapan mencapai 61,4 ton.

“Ikan hasil tangkapan didominasi jenis cakalang, karena ikan cakalang merupakan jenis yang paling banyak terdapat di wilayah laut pantai Barat-Selatan Aceh dan Samudera Hindia,” sebutnya.

Seorang toke bangku, Murdani alias Doyok juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, meningkatnya hasil tangkapan nelayan itu disebabkan sejumlah faktor. Antara lain meredanya tekanan angin di tengah laut. “Para tekong boat mengaku seminggu ini sangat nyaman melaut,” imbuh Doyok.(her)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved