Breaking News:

Video

VIDEO Menteri KKP RI Tinjau Tambak Udang di Aceh Timur, Pernah Panen Rp 1,8 Miliar

Kawasan tambak terdiri dari sembilan petak dengan luasan masing-masing 1.800 meter persegi. Tambak dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Zaenal

Laporan Seni Hendri Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Klaster tambak udang vaname di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil membangkitkan ekonomi masyarakat dan menjadi sarana edukasi budidaya yang modern dan ramah lingkungan.

Bahkan keberadaan klaster tambak menciptakan multiplier effect di bidang pariwisata.

Menteri Kelautan dan Perikanan Kelautan dan Perikanan (KKP) Ir Sakti Wahyu Trenggono MM, meninjau langsung klaster tambak udang vaname berkelanjutan di Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Idi Timur, Selasa (7/9/2021).

Beberapa waktu lalu klaster ini sudah berhasil panen sebanyak 25 ton atau senilai Rp1,8 miliar.

Kawasan tambak terdiri dari sembilan petak dengan luasan masing-masing 1.800 meter persegi.

Tambak dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan tandon air.

Tambak yang dijadwalkan pembangunannya selesai pada November 2021 ini ditargetkan memproduksi 34,5 ton per hektare per tahun.

Menteri Trenggono menjelaskan, tadinya tambak-tambak tersebut dikelola secara tradisional oleh masyarakat.

Baca juga: Menteri KKP RI Trenggono: Tambak Udang KKP di Aceh Timur Ciptakan Multiplier Effect

Baca juga: Tinjau Tambak Udang, Menteri KKP Optimis Aceh Jadi Daerah Penghasil Udang Terbesar di Indonesia

Menteri Trenggono menyebut skema pengelolaan klaster tambak budidaya udang vaname berkelanjutan di Aceh Timur ini juga ditujukan sebagai sarana edukasi bagi masyarkat pembudidaya.

Menteri Kelautan ini optimis, Aceh menjadi salah satu daerah penghasil udang terbesar di Indonesia yang berkontribusi tinggi pada pencapaian target produksi udang nasional.

Dalam kunjungan kerja di Aceh Timur, Menteri Trenggono, didampingi Sekjen KKP RI, Drs Antam Novambar SH MHum, dan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Dr TB Haeru Rahayu, anggota Komisi IV DPR RI, TA Khalid, anggota DPD RI Abdullah Puteh, dan jajaran pejabat KKP.

Dalam kunjungannya di Aceh Timur, Menteri Trenggono, dan jajaran pejabat KKP disambut oleh, Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH, atau Rocky, Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M. Tr (Han), Kajari Aceh Timur, Semeru SH MH, dan unsur pejabat Forkopimda Aceh Timur, lainnya.

Narator : Tia Andalusia
Editor : Syamsul Azman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved