Breaking News:

Video

VIDEO Pengusaha Jakarta Asal Aceh Dahlan Tiro Kembangkan Umbi Porang di Pidie

Menurut Dahlan Tiro, masa panen tanaman porang ini setiap 8 bulan sekali dengan hasil 3,5 Kg per batang atau setiap hektare mencapai 80 sampai 120 ton

Penulis: Idris Ismail | Editor: Hari Mahardhika

Laporan Idris Ismail | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Pengusaha Jakarta asal Aceh, Dahlan Tiro (52) berkomitmen mengembangkan umbi porang atau juga disebut dengan Amorphophallus oncophyllus di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pidie.  

Usaha pengembangan umbi porang jenis katak ini dilakukan sebagai langkah strategis pemberdayaan ekonomi masyarakat Pidie seiring dengan permintaan pasar dunia atas ketersediaan bahan baku utama untuk diekspor kesejumlah negara Asia dan Eropa.  

Menurut putra kelahiran Gampong Lhok Igeuh, Kecamatan Tiro, Pidie yang kini menetap di Sentul City Bogor, Jawa Barat, pihaknya telah melirik jumlah areal lahan.  

Menurut Dahlan Tiro, masa panen tanaman porang ini setiap delapan bulan sekali dengan hasil 3,5 Kg per batang atau setiap hektare mencapai 80 sampai 120 ton.  

Harga jual Rp umbi porang mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 12.000/Kg.  

Program pengembangan umbi porang ini juga bertepatan dengan program pemerintah, melalui Kementerian Pertanian Dit PPHTP.  

Selain itu juga pihaknya juga telah mempersiapkan lokasi pembibitan umbi porang di kawasan Batu Raja, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya persis di areal 6 Ha yang telah dipersiapkan sejak lima tahun lalu.  

Narator: Ardiansyah
Video Editor: Hari Mahardhika

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved