Breaking News:

Unimal Kembali Kuliah Tatap Muka

Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara mulai Senin (13/9/2021) kembali mengadakan perkuliahan secara luring (luar jaringan)

Editor: bakri
hand over dokumen pribadi
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng 

LHOKSUKON – Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara mulai Senin (13/9/2021) kembali mengadakan perkuliahan secara luring (luar jaringan) atau tatap muka yang dikhususkan kepada mahasiswa baru, semester satu dan tiga. Sedangkan untuk semester lima dan tujuh boleh diadakan secara luring atau daring (dalam jaringan).

Hal itu dilakukan Unimal setelah adanya perubahan zona merah ke oranye Kota Lhokseumawe, dan zona kuning untuk Aceh Utara dalam peta risiko Covid-19 yang dikeluarkan satuan tugas Pemerintah Pusat. Padahal, sebelumnya mulai 6 September atau selama sepekan Unimal mengadakan perkuliahan secara daring.

“Ya, untuk Lhokseumawe Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah level tiga zona oranye, sementara untuk Aceh Utara PPKM level dua zona kuning,” ungkap Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng kepada Serambi, Sabtu (11/9/2021).

Menyikapi hal itu, kata Rektor Unimal, dirinya sudah mengadakan rapay pimpinan. Dalam rapat dengan dekan dari tujuh fakultas, sebutnya, semua sepakat untuk kuliah tatap muka langsung. “Bagi mahasiswa semester satu dan tiga, kuliahnya secara tatap muka langsung,” katanya rektor.

Sedangkan proses perkualiahan untuk mahasiswa semester lima dan tujuh dikembalikan wewenang untuk menentukannya kepada masing-masing fakultas.  “Jadi, perkuliahan dimulai pada 13 September 2021, dan dilakukan secara tatap muka langsung,” ujar Herman Fithra.

Untuk mahasiswa semester lima dan tujuh dikembalikan ke fakultas untuk menyiasatinya, karena harus menjaga jarak. Proses perkuliahan luring ini sudah ditetapkan dalam Surat Edaran Rektor Unimal Nomor: 5/UN45/KP/2021.

“Dengan sudah berlakunya surat edaran baru tersebut, sekaligus mencabut surat edaran sebelumnya,” katanya. Meskipun  sudah ditetapkan belajar secara luring. Namun, jika nantinya status PPKM berubah lagi, tentunya proses perkualihan juga akan berubah sesuai dengan arahan dari pemerintah.

Sebagaimana diketahui, jumlah mahasiswa baru yang sudah mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) tahun ini di Unimal mencapai 4.702 orang. Jumlah tersebut hasil dari penerimaan lima jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, Afirmasi 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), serta jalur berprestasi.

Pada kesempatan itu, Rektor Unimal juga menyebutkan, supaya proses perkuliahan tatap muka berjalan dengan baik, pihaknya akan mengadakan vaksinasi selama dua hari yakni 14-15 September 2021 di Kampus Bukit Indah, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Kemudian, vaksinasi tersebut juga akan diadakan di Kampus Reuleut Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara kerjasama dengan Polres Lhokseumawe.

“Harapan kita dari vaksinasi merdeka ini tercapai herd immunity (kekebalan kelompok) di kampus 80 persen yang sudah divaksin,” ujar Rektor Unimal. Saat ini, memang belum semua melapor yang sudah divaksin, karena itu tim Satgas Covid-19 nantinya akan merekap kembali. “Datanya akan dikirim ke Kementerian,” pungkasnya.(jaf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved