Breaking News:

Berita Aceh Selatan

PMI Aceh Selatan Gelar Diklatsar KSR Angkatan V

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Selatan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarela (KSR) angkatan V tahun 2021

Penulis: Taufik Zass | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Selatan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarela (KSR) angkatan V tahun 2021. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM di Aula Markas PMI Aceh Selatan ini akan berlangsung selama 12 hari mulai 13 September – 24 September 2021. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Selatan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarela (KSR) angkatan V tahun 2021.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM di Aula Markas PMI Aceh Selatan, Senin (13/09/2021) ini akan berlangsung selama 12 hari mulai 13 September – 24 September 2021.

Pada acara pembukaan yang turut dihadiri perwakilan Bank Aceh Syariah Cabang Tapaktuan, BPJS Kesehatan, Dinas Dosial dan Dinas Kesehatan Aceh Selatan ini.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Peserta Ujian CPNS Aceh Singkil Wajib Rapid Tes Antigen

Ketua PMI Aceh Selatan menjelaskan bahwa Palang Merah Indonesia dan Bulan Sabit Merah Sedunia merupakan suatu gerakan yang memiliki tugas yang sangat yang sangat luas dan bervariasi khususnya dibidang kemanusian.

“Dalam melakukan tugas kemanusiaan gerakan ini memiliki keunikan yaitu semua kegiatan utamanya dilakukan oleh relawan.

Relawan menjadi tulang punggung kegiatan Palang Merah Indonesia, mulai dari yang masih muda dan belum memiliki pengetahuan sampai mereka yang sudah memiliki keahlian khusus dan sangat berpengalaman,” ungkap mantan Sekda Aceh Selatan ini.

Organisasi kemanusiaan seperti PMI ini, lanjut H Nasjuddin, sangatlah membutuhkan relawan untuk dapat memberikan pelayanan terhadap masyarakat rentan sebanyak – banyaknya pada saat terjadinya bencana.

Baca juga: 4 Wanita Muda Ditangkap di Meulaboh, Sering Dibooking Pekerja Luar Aceh, Para Pria Lari dari Kamar

Karenanya, lanjut Ketua PMI Aceh Selatan ini, keberadaan relawan PMI merupakan suatu keharusan karena relawan merupakan unjung tombak dalam misi kemanusiaan PMI.

“Tahun ini PMI Kabupaten Aceh Selatan kembali melakukan perekrutan dan pelatihan KSR angkatan V untuk membantu tugas kemanusiaan terutama saat ini tugas pencegahan pandemik Covid 19 yang masih melanda dunia serta tugas penanggulangan bencana.

Kegiatan Diklatsar KSR sangat diperlukan dalam rangka membentuk relawan – relawan terlatih yang handal dan berkompeten pada saat penugasan di lapangan,” papar H Nasjuddin.

Lebih lanjut, H Nasjuddin menjelaskan bahwa tujuan Diklatsar ini adalah untuk menambah kapasitas relawan dan pembentukan sebagai syarat anggota Korps Sukarelawan (KSR) PMI Kabupaten Aceh Selatan.

Baca juga: Bimtek Anggota DPRK Simeulue Ke Zona Merah Covid-19 Disorot

Relawan baru ini nantinya akan dilatih selama 120 jam atau 12 hari dan mereka akan diberikan materi tentang kepalangmerahan, assesmen, pertolongan pertama, evakuasi korban bencana, dapur umum, pelayanan  kesehatan, pelayanan ambulan, penampungan dan pengunngsian, air dan sinitasi serta materi lainnya.

“Setelah mendapatkan pendidikan dan latihan KSR ini maka mereka telah sah menjadi anggota PMI.

Selamat mengikuti Diklatsar KSR PMI semoga semua para peserta dapat mengikuti dan menyerap semua yang diberikan oleh pelatih,” pungkas Ketua PMI Kabupaten Aceh Selatan ini pada kegiatan yang turut menghadirkan Fasilitator / pemateri dari PMI Provinsi Aceh, M Ali.(*)

Baca juga: Bupati Nagan Raya Tinjau Vaksinasi Massal untuk ASN dan THL, tak Ikut Vaksin Dikenakan Sanksi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved