Breaking News:

Literasi Keuangan

Gubernur Aceh: Media Berperan Penting Edukasi Masyarakat tentang Literasi Keuangan

Di awal-awal kita melaksanakan Qanun LKS (Lembaga Keuangan Syariah) ini dan beberapa tahun ke depan, tentunya tantangan ini tetap akan muncul

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Foto Humas BPPA
Gubernur Aceh, Nova Irianysah saat membuka Media Workshop Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh, secara virtual, Selasa (14/9.2021). 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT berharap peran media dalam mengedukasi masyarakat dan memberikan pemahaman tentang literasi keuangan di Aceh.

Tantangan terbesar bagi Pemerintah Aceh saat ini untuk menyelaraskan sistem perekonomian syariah dan keuangan syariah, adalah permasalahan literasi.

"Ketidaktahuan masyarakat dan pengguna jasa keuangan syariah, baik bank maupun non-bank, menjadi problem tersendiri yang secara bersama-sama harus kita hadapi," kata Gubernur Aceh saat membuka Media Workshop Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh, secara virtual, Selasa, (14/9/2021).

Baca juga: Bupati Tegaskan Seleksi CPNS di Aceh Selatan Transparan, Tgk Amran: Anak Bupati pun Tak Bisa Dibantu

Namun ia berharap, baik perusahaan media maupun pekerja media, harus terlebih dahulu memahami perspektif tentang literasi itu sendiri, agar dalam menghasilkan produk jurnalistik dapat memberikan pesan dan kesan yang kuat bagi pembaca, dalam hal ini masyarakat, terhadap literasi keuangan syariah.

"Di awal-awal kita melaksanakan Qanun LKS (Lembaga Keuangan Syariah) ini dan beberapa tahun ke depan, tentunya tantangan ini tetap akan muncul, dan semua itu harus kita jalani secara bersama. Sebab kita percaya, pertolongan Allah pasti ada dan semuanya akan lebih mudah bila semua komunitas atau komponen ikut terlibat aktif," sebut Nova.

Karena itu tambah Nova, Allah tentu akan memberikan kekuatan bagi masyarakat Aceh. Sebab dengan upaya dan ikhtiar dilakukan hari ini, adalah untuk menjauhkan masyarakat dari praktek-praktek keuangan dan sistem ekonomi yang selama ini belum sesuai dengan syariah di Aceh.

Baca juga: Kisah Ahmad Firdaus, Menduda di Umur 23 Tahun & Rawat Anak Sendirian, Mantan Istri Sudah Nikah Lagi

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada JMSI Aceh, sehingga acara hari ini dapat terselenggara. Saya berharap, ke depannya, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus digaungkan, agar tumbuh kembang ekonomi syariah di Aceh dapat berjalan dengan cepat, seiring meningkatnya literasi keuangan syariah di masyarakat," katanya.

Pemerintah Aceh sebut Nova, sangat mendukung dan mengapresiasi setiap upaya-upaya yang dilakukan oleh awak media dan sektor perbankan syariah, untuk terus memberikan dukungan terhadap keberadaan Qanun LKS dan mendorong penguatan literasi keuangan syariah bagi masyarakat Aceh.

Baca juga: Uji Coba CCTV Lalu Lintas di Banda Aceh, Sehari 5.614 Pelanggaran Terjadi

"Dengan harapan, bahwa program media workshop yang kita selenggarakan pada hari ini dapat memberikan wawasan keilmuan tentang literasi keuangan syariah bagi rekan-rekan media, sehingga nantinya hal tersebut akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Aceh secara keseluruhan tentang literasi keuangan," ujar Nova.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved