Breaking News:

Mahasiswa KKM Unida Rehab Rumah Janda

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) mahasiswa Universitas Iskandarmuda atau Unida Banda Aceh yang dilakukan sejak sebulan lalu

Editor: bakri
Dokumen Unida
Rumah Mak Maneh, janda miskin beranak enam di Desa Lambada, Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimuen, Aceh Besar, sebelum dan sesudah direhab mahasiswa KKM Unida. Rumah yang sudah selesai direhab ini sudah diserahkan diakhir KKM Mahasiswa Unida itu, Minggu (12/9/2021) 

JANTHO - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) mahasiswa Universitas Iskandarmuda atau Unida Banda Aceh yang dilakukan sejak sebulan lalu, di akhir pengabdiannya pada Minggu (12/9/2021), menyerahkan rumah kepada Mak Maneh, janda miskin beranak enam warga Desa Lambada, Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar.

Sebanyak 40 dari 160 mahasiswa Unida tahun ini melakukan KKM di Kemukiman Lamteuba yang terdiri atas dua kelompok. Sedangkan 120 mahasiswa lainnya terdiri atas 10 kelompok melakukan KKM di sekitar Kampus Unida Banda Aceh di Gampong Surien.

Salah satu pengabdian mahasiswa KKM Unida adalah merehab rumah tak layak huni milik Mak Maneh. Janda miskin itu selama ini hidup di rumah panggung tak layak huni. Di mana sebagian besar atap rumahnya yang terbuat dari daun rumbia sudah bocor.

Dinding rumahnya juga sudah lapuk dimakan usia, sehingga dari dalam terlihat ke luar dan dari luar terlihat ke dalam. Oleh karena itu, semuanya direhab peserta KKM Unida ini menjadi rumah layak huni.

Rektor Unida Banda Aceh, Prof Dr Syafei Ibrahim melalui Warek III Dr Bustamam Ali MPd, menyampaikan hal ini lewat siaran pers kepada Serambi, Senin (13/9/2021). "Penyerahan rumah untuk Mak Maneh yang baru direnovasi mahasiswa menjadi salah satu kegiatan akhir KKM Unida tahun ini di Lamteuba. Selain itu, para mahasiswa ini diakhir KKM itu juga menyerahkan 40 paket sembako berupa minyak goreng, telur, gula, dan roti," katanya.

Sedangkan kegiatan pengabdian lain selama KKM di Kemukiman Lamteuba yang merupakan daerah pegunungan itu, kata Bustamam, para mahasiswa tersebut juga membenahi kampus alam. "Selanjutnya melakukan penghijauan pohon berbuah, seperti rambutan, alpokat, durian, nangka, dan mangga," timpal Koordinator KKM Unida di Lamteuba, Hamdani, didampingi Dosen Pembimbing Nurul Hafwani MSi dan Fatimah MSi.(sal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved