Breaking News:

Kopi

Mengenal Jenis Kopi Arabica, Robusta, dan Liberica, Sudah Tahu Bedanya?

Biji kopi Arabica juga memiliki aroma yang sangat enak. Bahkan aroma yang menyegarkan juga bisa dinikmati dari proses...

Editor: Eddy Fitriadi
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
ILUSTRASI seorang petani kopi warga Kampung Blanggele, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah sedang memetik kopi arabika, beberapa waktu lalu. 

SERAMBINEWS.COM -  Ada banyak jenis kopi dengan rasa yang beraneka ragam. Karakteristik itu berawal dari jenis biji kopinya.

Secara umum, biji kopi yang dikenal publik yakni kopi Arabica dan kopi Robusta. Tapi ada juga jenis Liberica yang perlu Anda coba.

Faktanya, tak semua orang mengenal perbedaan biji kopi tersebut.

Nah, untuk menambah wawasan Anda mengenai kopi, yuk lihat perbedaan ketiga biji kopi itu.

Arabica

Ciri khas dari biji kopi Arabica adalah bentuknya yang oval dan datar. Rasa yang mungkin dihasilkan dari biji kopi Arabica didominasi oleh rasa asam dan manis namun lembut ketika diminum. 

Biji kopi Arabica juga memiliki aroma yang sangat enak. Bahkan aroma yang menyegarkan juga bisa dinikmati dari proses ekstraksi biji kopi ini. Tingkat kafein yang dihasilkan biji kopi ini leih sedikit dibandingkan dengan biji kopi lain.

Robusta

Biji kopi Robusta memiliki bentuk bulat dan lebih gendut daripada biji kopi Arabica. Biji kopi ini menghasilkan rasa dengan dominan rasa bittersweet atau pahit namun masih memiliki sedikit rasa manis. 

Selain itu rasa coklat, kacang, dan sedikit terasa kering pada saat akhir. Ini dikarenakan oleh tingginya konsentrasi kafein dibandingkan gula atau rasa manis yang dihasilkan biji kopi ini. Aroma yang dihasilkan bijikopi ini juga tidak terlalu intense seperti biji kopi Arabica.

Liberica

Selanjutnya ada biji kopi Liberica yang memiliki bentuk biji kopi yang besar, tidak simetris, dan bentuknya terlihat seperti bentuk air mata. Aroma yang dihasilkan oleh biji kopi ini cukup intense seperti biji kopi Arabica.

Biji kopi ini menghasilkan rasa yang kuat dengan dominan smokey dan sedikit ada rasa rempah-rempah.

Rasanya dan aroma biji kopi Liberica hampir sama seperti rokok. Tapi biji kopi ini memiliki tingkat kafeine yang lebih rendah dibanding dua jenis kopi di atas.(*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Arabica, Robusta, dan Liberica, Sudah Tahu Bedanya Biji Kopi Tersebut?"

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved