Breaking News:

Polres Tamiang Tangkap Dua Perampok Truk

Dua perampok truk yang menjadi buronan Polres Aceh Tamiang sejak tujuh bulan lalu berhasil ditangkap di Lubukpakam, Deliserdang

Editor: bakri
Serambi Indonesia
Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali saat menyampaikan kronologis penangkapan dua buronan perampokan truk, Selasa (14/9/2021). 

KUALASIMPANG - Dua perampok truk yang menjadi buronan Polres Aceh Tamiang sejak tujuh bulan lalu berhasil ditangkap di Lubukpakam, Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (10/9/2021) lalu. Seorang pelaku lain masih dalam pengejaran, sedangkan seorang lagi sudah menjalani persidangan di PN Kualasimpang.

Kedua tersangka merupakan warga Sumatera Utara, masing-masing Joni Yousri (45) asal Batubara, dan Wagiono (47) penduduk Deliserdang. Dalam penangkapan ini polisi turut menyita truk yang dirampas keduanya di kawasan Seumadam, Kejuruan Muda, Aceh Tamiang pada 17 Februari 2021.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali mengatakan, kedua tersangka sudah lama menjadi buruan pihaknya karena aksi keduanya tergolong sadis. Kawanan pelaku yang berjumlah empat orang sempat menganiaya pengemudi truk, Azhar (41) warga Langsa dan membuangnya di kawasan Opak, Aceh Tamiang.

"Korban merupakan pengemudi truk material batu koral dari Pulotiga,  Tamiang. Dalam perjalanan pulang, truk korban diadang kawanan pelaku dengan mobil Swift," kata Imam didampingi Kasubbag Humas Polres Tamiang, Iptu Untung Sumaryo.

Truk ini sendiri ditemukan polisi di kawasan Sibolga, Sumatera Utara dalam kondisi sudah berubah dan menggunakan pelat palsu. "Truk korban sudah kita amankan, sementara mobil yang digunakan pelaku mengadang korban masih dalam pencarian," ungkapnya.

Dalam aksi ini, kawanan pelaku sempat menganiaya dan mengikat tangan serta mata korban dengan lakban. Selanjutnya, korban diturunkan di tengah jalan dalam kondisi terluka dan tangan terikat lakban.

AKBP Imam menjelaskan, dalam kasus ini pihaknya masih mengejar satu pelaku lain yang diduga membawa mobil Suzuki Swift. Sementara satu pelaku lagi yang bertugas sebagai pemberi informasi, Indra Purnama (42) warga Sukaramai II, Seruway, Aceh Tamiang sudah divonis PN Kualasimpang.

"Satu tersangka sudah lebih dulu ditangkap, dan sekarang sudah divonis di PN Kualasimpang," kata Kapolres tanpa menyebut durasi hukuman.

Indra Purnama (42), salah satu pelaku yang terlibat perampokan disertai penganiayaan terhadap seorang pengemudi truk sudah dinyatakan bersalah oleh PN Kualasimpang. Indra merupakan pelaku yang pertama kali ditangkap oleh polisi dari kediamannya di Sukaramai II, Seruway, Aceh Tamiang pada 4 Maret 2021.

Dalam penangkapan ini polisi menjadikan ponsel pelaku dan sebuah alat yang digunakan menyekap korban sebagai barang bukti. Sebelumnya, pria yang bekerja sebagai buruh kebun ini tidak pernah berurusan dengan hukum.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali menjelaskan, dalam komplotan ini Indra Purnama bertugas sebagai pemberi informasi tentang target kejahatan dan lokasi eksekusi perampokan serta pembuangan korban.(mad)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved