Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Kampung Kesehatan Budayakan Pilah Sampah dari Rumah Agar Bisa Didaur Ulang

Program pemilahan sampah sudah dimulai bersamaan dengan penerapan World Clean Up Day (WCD) yang jatuh pada 18 September 2021.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Datok Penghulu Kampung Kesehatan, Syariful Alam (tengah) bersama warga memilah sampah untuk didaur ulang di TPA, Sabtu (18/9/2021). 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Pemerintah Kampung Kesehatan, Karangbaru, Aceh Tamiang mulai menerapkan memilah sampah dari rumah masyarakat. Selain untuk menjamin kebersihan lingkungan, pola ini juga untuk membantu daur ulang pupuk non organik.

Datok Penghulu Kampung Kesehatan, Syariful Alam menjelaskan program pemilahan sampah sudah dimulai bersamaan dengan penerapan World Clean Up Day (WCD) yang jatuh pada 18 September 2021.

Program ini dilakukan aparatur kampung bersama Dinas Kebersihan Lingkungan (DLH) yang sebelumnya sudah meluncurkan program Moto Merepet dan dibantu oleh kelompok remaja masjid.

"Moto Merepet sejalan dengan program pilah sampah yang kami jalankan, kami berpikir ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan lingkungan rumah tangga," kata Syariful, Minggu (19/9/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan pemilahan sampah ini dilakukan oleh setiap rumah tangga dengan memisahkan sampah organik dan anorganik. Selanjutnya sampah yang sudah terkumpul ini akan dijemput oleh petugas Moto Merepet.

"Kami memiliki misi yang sama dengan DLH dalam mengajak masyarakat untuk menerapkan disiplin hidup bersih dan mengahasilkan," lanjutnya.  

Baca juga: Ini Barang yang Ditemukan di Sekitar Tengkorak Kepala tanpa Identitas di Kabun Karet Langsa

Baca juga: Jamaah Semakin Ramai, Surau Milik Komunitas Aceh di Chow Kit Kuala Lumpur Pindah Lokasi

Kedua jenis sampah ini selanjutnya dibawa ke TPA Kampung Durian, Rantau, Aceh Tamiang untuk diolah menjadi cairan yang dapat digunakan untuk pupuk tanaman.

"Dengan bersih lingkungan, maka bersih pula pola pikir kita untuk disiplin terhadap diri," kata Syariful.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved