Breaking News:

Kupi Beungoh

Mungkinkah Nova Manuver?

Tapi apa yag terjadi setelah jadwal musda diundur? Sebanyak 13 DPC malah mencabut dukungan dari Nova dan mengalihkannya ke Muslim, calon yang muncul j

Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Penulis Masrizal adalah wartawan di Banda Aceh 

Oleh Masrizal*

Perhelatan musyawarah daerah (musda) ke V DPD Partai Demokrat Aceh akan digelar pada 23 September 2021. Empat hari lagi. Lokasinya di Banda Aceh.

Ada dua kader terbaik partai itu yang sudah mendaftar sebagai calon ketua. Berkas pendaftaran keduanya juga sudah di tangan DPP Demokrat.

Kedua calon tersebut adalah, Nova Iriansyah, calon incumbent yang saat ini juga menjabat Gubernur Aceh dan Muslim, anggota DPR RI, sudah tiga periode.

Dalam proses pencalonan ini, Nova yang berstatus sebagai ‘juara bertahan’ hanya didukung 10 Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Sebaliknya, Muslim didukung 13 DPC.

Sebenarnya, Nova sudah mendapat garansi sebagai calon tunggal dan dipastikan aklamasi. Jika musda jadi digelar pada tanggal 12-13 Juni 2021.

Saat itu sudah ada 21 dari 23 DPC yang menyampaikan dukungan tertulis kepada Nova. Namun tiba-tiba Nova terpapar Covid-19 dan agenda musda diundur.

Menurut Peraturan Organisasi (PO), setiap bakal calon ketua harus mengantongi 20% dukungan dari pemegang hak suara sah. Ya, minimal lima DPC.

Jika merujuk dukungan yang ada, langkah Nova untuk kembali memimpin DPD Partai Demokrat Aceh sangat-sangat mulus. Karena tidak ada rival.

Baca juga: Dipecat KPK, Novel Baswedan Dkk Tak Dapat Pesangon, Hanya Tunjangan Hari Tua & BPJS Ketenagakerjaan

Tapi apa yag terjadi setelah jadwal musda diundur? Sebanyak 13 DPC malah mencabut dukungan dari Nova dan mengalihkannya ke Muslim, calon yang muncul jelang musda.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved