Breaking News:

Pasien Covid Banyak yang Dirawat, Empat Hari 35 Warga Bireuen Positif Corona

Berdasarkan data dari tim medis, kondisi pandemi Covid-19 di Bireuen masih sangat mengkhawatirkan

Editor: bakri
hand over dokumen pribadi
Kadiskes Bireuen dr Irwan A Gani. 

BIREUEN - Berdasarkan data dari tim medis, kondisi pandemi Covid-19 di Bireuen masih sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, warga kabupaten itu yang positif Corona terus bertambah dan di antara mereka masih banyak yang harus menjalani perawatan di rumah sakit. Informasi itu disampaikan Kadis Kesehatan Bireuen, dr Irwan A Gani, kepada Serambi, Minggu (19/9/2021).

“Karena itu, kami berharap warga harus disiplin mematuhi protokol kesehatan (protkes) dan segera juga melakukan vaksinasi ke fasilitas kesehan terdekat. Sebab, vaksinasi merupakan salah satu upaya efektif untuk meningkatkan imun tubuh dalam rangka mencegah terpapar virus Corona,” ungkap dr Irwan.

Saat ini, sambungnya, selain untuk masyarakat, lansia, pejabat publik, dan tenaga medis, vaksinasi juga sudah mulai menyasar kalangan remaja atau pelajar "Bagi yang belum divaksin, agar segera melakukan vaksin ke fasilitas kesehatan terdekat," timpal Irwan A Gani.

Pada kesempatan itu, ia juga menyebutkan, dalam empat hari terakhir hingga Sabtu (18/9/2021),  warga Bireuen yang dinyatakan positif Covid-19 bertambah 35 orang. Dalam durasi waktu yang sama, pasien Corona yang meninggal dunia juga bertambah tiga orang.

Dengan penambahan itu, sebut Irwan, total warga Bireuen yang positif Covid-19 mencapai 1.832 orang. Selain itu, 18 warga yang positif Covid-19 menjalani perawatan medis di RSUD dr Fauziah Bireuen 10 orang dan di RSUZA Banda Aceh delapan orang. “Sementara yang menjalani isolasi mandiri tinggal 130 orang dari sebelumnya 158 orang,” pungkas dr Irwan A Gani.

88 Orang masih terpapar

Sementara itu, 88 warga Lhokseumawe hingga kini masih terpapar Covid-19. Dari jumlah itu, empat orang dirawat di rumah sakit dan 84 orang hanya menjalani isolasi mandiri. Kadis Kesehatan Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar, menyebutkan,  total warga kota itu yang terkonfirmasi Covid-19 sampai hari ini (kemarin-red) sebanyak 1.647 orang.

“Dari total warga yang terpapar Covid-19 di Lhokseumawe, 1.484 orang sudah dinyatakan sembuh, 77 orang meninggal dunia, dan 88 orang masih terpapar Covid-19,” rincinya. dr Said mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Apalagi, dalam beberapa hari terakhir jumlah warga Lhokseumawe yang terpapar Covid-19 terus bertambah.

"Terus terapkan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker bila berada di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, dan tetap menjaga jarak," ajaknya.

Ketua Dewan Guru (KDG) Kushin Ryu M Karatedo Indonesia (KKI) Aceh, Samsul Yusuf (DAN V Internasional) mendukung upaya pemerintah melakuka vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Sebagai wujud dari dukungan itu, Samsul sudah mengintruksikan semua murid karate di perguruan tersebut yang memenuhi syarat agar segera mengikuti vaksinasi.

“Bahkan, kita juga sudah meminta murid kami untuk ikut menjadi pelopor serta mengajak keluarga dan kerabat masing-masing untuk ikut vaksinasi," ungkap Samsul Yusuf, kepada Serambi, Minggu (19/9/2021).

Menurutnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya yang efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan Corona. Apalagi, sambungnya, vaksin yang digunakan sudah dinyatakan halal dan aman. "Makin banyak masyarakat yang ikut vaksinasi akan makin cepat pula terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity," ujarnya. (yus/bah)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved