Breaking News:

Berita Gayo Lues

Lapas Blangkejeren Deklarasi Menuju Zero Halinar, Warga Binaan Ikrarkan Bebas HP dan Narkoba

Pernyataan deklarasi tersebut berlangsung di dalam Lapas Blangkejeren Kanwil Kemenkumham Aceh, Kamis (23/9/2021).

Penulis: Rasidan | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas bersama warga binaan di Lapas Blangkejeren melakukan deklarasi zero Halinar yang ditandai dengan pernyataan dan penandatanganan, berlangsung di dalam Lapas kelas II Blangkejeren, Kamis (23/9/2021). 

Laporan Rasidan | Gayo Lues

SERAMBINEWS.COM, BLANGKEJEREN - Petugas di Lapas Kelas IIB Blangkejeren bersama warga binaan melakukan deklarasi bersama untuk pernyataan komitmen bebas dari Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar).

Pernyataan deklarasi tersebut berlangsung di dalam Lapas Blangkejeren Kanwil Kemenkumham Aceh, Kamis (23/9/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima Serambinews.com, deklarasi  dipimpin langsung oleh Kalapas Blangkejeren, Hisam Wibowo.

Deklarasi ini juga disaksikan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Aceh, Heri Azhari secara virtual melalui Zoom Meeting dan diikuti seluruh petugas dan warga binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Blangkejeren tersebut.

Kegiatan tersebut diawali dengan ikrar dan janji petugas dan warga binaan pemasyarakatan menyatakan siap bebas dari Halinar.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan pernyataan dengan membubuhkan tanda tangan pada banner.

Baca juga: Sembilan Napi Lapas Blangkejeren Bebas Usai Dapat Asimilasi Covid-19, Ini Identitas dan Kasusnya

Kalapas Blangkejeren, Hisam Wibowo kepada Serambinews.com, Kamis (23/9/2021), mengatakan, deklarasi Halinar di lingkungan Lapas Blangkejeren bertujuan untuk meningkatkan komitmen warga binaan pemasyarakatan untuk tidak memiliki dan menggunakan  HP.

Selain itu, agar para warga binaan (napi) tidak mengedarkan dan mengunakan narkoba di dalam Lapas Blangkejeren tersebut.

Warga binaan juga harus mematuhi tata tertib yang berlaku di Lapas tersebut.

Bahkan komitmen bagi petugas agar tidak melibatkan diri terhadap peredaran dan penggunaan handphone dan praktik serta pungutan liar (pungli) dan narkoba di dalam Lapas.

"Salah satu upaya yang dilakukan bebas dari Halinar yakni, peningkatan layanan video call gratis (wartelsus) bagi warga binaan yang   ingin berkomunikasi dengan keluarganya,” terangnya.

“Sehingga dengan komitmen dan deklarasi itu, ke depannya Lapas Blangkejeren terus bebas atau zero Halinar,"sebut dia.

Baca juga: Gawat, Komandan Jaga Lapas Blangkejeren Beli Sabu dari Napi, Ketiganya Ditangkap Polres Gayo Lues

Hisam melanjutkan, Kepala Divisi Permasyarakatan Aceh mengapresiasi atas terlaksananya deklarasi zero Halinar di Lapas Blangkejeren tersebut.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved