Breaking News:

Berita Banda Aceh

UMKM di Aceh Butuh Rumah Kemasan Industri Agar Produk Mereka Siap Saing, Ini Kata Kadis Perindag

Pasalnya, kata Bawadi, jumlah industri makanan dan minuman yang tergabung dalam Anggota ASIA saja saat ini 150 orang dengan jumlah 450 item produk bar

Penulis: Herianto | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Ketua Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA) Bawadi, sedang operasikan mesin kemasan produk kopi dan jahe merah miliknya di Gampong Pango, Kecamatan Uleekareng, Banda Aceh, Kamis (23/9/2021). 

Pasalnya, kata Bawadi, jumlah industri makanan dan minuman yang tergabung dalam Anggota ASIA saja saat ini 150 orang dengan jumlah 450 item produk barang. 

Laporan Herianto | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA), Bawadi, menyatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM di Aceh saat ini sangat membutuhkan rumah kemasan industri.

Pasalnya, kata Bawadi, jumlah industri makanan dan minuman yang tergabung dalam Anggota ASIA saja saat ini 150 orang dengan jumlah 450 item produk barang. 

Namun, kata Bawadi, dari 150 pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang industri pengolahan makanan dan minuman di bawah binaan ASIA itu, baru sekitar 25 - 30 orang yang telah memiliki mesin kemasan sendiri. 

"Selebihnya masih menggunakan kemasan manual, yaitu plastik putih transparan dan karton buram tanpa warna dan gambar," kata Bawadi.

Padahal, kata Bawadi, bentuk dan rasa produk makanan dan minuman anggota ASIA itu, sudah seperti produk industri makanan berlebel yang diolah pabrikan.

Namun karena tak ada kemasan, maka kalah saing di pasar lokal, nasional, apalagi internasional dengan produk makanan dan minuman yang sudah berkemasan cantik dari pabrik.

Oleh karena itu, mereka butuh rumah kemasan industri. 

Baca juga: Begini Kebijakan OJK agar UMKM Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Bawadi mengaku kondisi seperti itu juga sudah pernah dialaminya sebelum ia memiliki mesin kemasan dan bungkus kemasan saset yang cantik dan menarik untuk produk Kopi Robusta, Arabika miliknya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved