Breaking News:

Vaksinasi Ampuh Lemahkan Virus

Berbagai penelitian dan pengalaman sudah membuktikan bahwa vaksinasi adalah cara ampuh untuk melemahkan penyakit

Editor: bakri
FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH
Sekda Aceh, Taqwallah, didampingi Wabup Pidie, Fadhlullah TM Daud ST, dan Kadis Pendidikan Aceh, Alhudri, meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMP Negeri 2 Sigli, Pidie, Kamis (23/9/2021). 

SIGLI - Berbagai penelitian dan pengalaman sudah membuktikan bahwa vaksinasi adalah cara ampuh untuk melemahkan penyakit yang dibawa oleh virus. Berdasarkan pengalaman tersebut, saat ini Indonesia dan seluruh dunia sedang gencar melaksanakan vaksinasi, untuk menekan penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sekda Aceh, dr Taqwallah MKes, saat meninjau vaksinasi untuk anak usia sekolah di halaman SMPN2 Sigli, Pidie, pada Kamis (23/9/2021). Pada kesempatan itu, Sekda Aceh didampingi Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, Kadis Pendidikan Aceh, Alhudri, serta para kepala SMA sederajat se-Kabupaten Pidie dan dewan guru SMPN 2 Sigli.

“Covid-19 memiliki risiko kematian yang tinggi dan proses penularannya cepat. Karena itu, sebagai upaya melindungi warganya dari keganasan Covid-19, saat ini pemerintah kita dan seluruh dunia sedang fokus melaksanakan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok. Vaksinasi dilakukan karena berbagai penelitian dan pengalaman sudah membuktikan sukses menekan dan melemahkan virus,” jelas Sekda.

Taqwallah mencontohkan, salah satu kisah sukses vaksinasi yaitu vaksinasi polio. Berkat gerakan massal imunisasi polio pada awal tahun 1990-an, kasus polio berhasil ditanggulangi. Karena itu, Sekda mengajak pihak sekolah untuk berperan aktif pada gerakan vaksinasi siswa ini, dengan terus menyosialisasikan pentingnya vaksinasi dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

Sekda yakin, jika semua pihak memahami pentingnya vaksinasi, tak akan ada orang yang ragu. “Orang belum mau divaksin karena tidak faham apa itu vaksin dan apa imbas positifnya bagi tubuh. Jadi, jika ada orang yang tidak mau divaksin, maka itu adalah salah satu bentuk kesalahan kita karena tidak mampu menjelaskan dengan baik kepada masyarakat luas,” ungkap Taqwallah seperti disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto SSTP MM, kepada Serambi, kemarin.

Karena itu, Sekda mengimbau pihak sekolah, terutama wali kelas untuk melakukan pendekatan dan menjelaskan dengan baik tentang pentingnya vaksinasi kepada para wali murid dan siswa tentang pentingnya vaksinasi.

Selain memberi arahan, Sekda bersama Wabup Pidie juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMPN 2 Sigli. Sebelumnya, Taqwallah mengikuti zikir dan doa bersama yang rutin digelar jajaran ASN Pemerintah Aceh, di SMAN 1 Meureudu, Pidie Jaya. Selanjutnya, Sekda dan rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Dayah Jeumala Amal, Lueng Putu, Pidie Jaya, dan di  SMAN 1 Sigli.

Dalam arahannya di SMP Negeri 2 Sigli, Pidie, Sekda Aceh dr Taqwallah MKes juga mengajak insan dunia pendidikan untuk terus menyosialisasikan protokol kesehatan (protkes) dalam aktivitas sehari-hari, serta terus mengajak masyarakat sekitar untuk mengikuti vaksinasi.

“Fokus Satgas Penanganan Covid-19 Aceh saat ini adalah vaksinasi siswa. Mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya fokus dari teman-teman tenaga kesehatan, TNI dan Polri ini untuk mengejar capaian vaksinasi agar kekebalan kelompok segera terbentuk,” ajak Taqwallah.

Sekda menambahkan, jika kekebalan kelompok terbentuk maka kehidupan akan bisa kembali berjalan normal seperti sediakala. Karena itu. Sekda berpesan kepada pihak sekolah terutama wali kelas, untuk mengajak serta turut mendampingi saat siswa divaksin. (jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved