Breaking News:

Internasional

Kanada-AS-China Sepakat Melakukan Pertukaran Tahanan, PM Kanada Sambut Kepulangan Diplomatnya

Kanada-AS dan China sepakat melakukan pertukaran tahanan berisiko tinggi. Kanada menerima kembali kepulangan yang menggembirakan untuk dua diplomat

Editor: M Nur Pakar
AP/Frank Gunn / The Canadian Press
Michael Kovrig (kanan tengah) melambai ke media saat istrinya Vina Nadjibulla (kiri tengah), dan saudara perempuan Ariana Botha (kiri) tiba di Bandara Internasional Pearson di Toronto, Kanada, Sabtu (25/9/2021) 

SERAMBINEWS.COM, TORONTO - Kanada-AS dan China sepakat melakukan pertukaran tahanan berisiko tinggi.

Kanada menerima kembali kepulangan yang menggembirakan untuk dua diplomat Kanada yang ditahan China.

Sebaliknya, China menyambut seorang eksekutif raksasa komunikasi global China Huawei Technologies yang dituduh melakukan penipuan.

Dilansir AP, Minggu (26/9/2021), drama perseteruan tiga tahun itu yang melibatkan negara masing-masing akhirnya ditutup.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memeluk diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor di landasan setelah mendarat di Calgary, Alberta, Sabtu (25/9/2021) pagi.

Keduanya ditahan di China pada Desember 2018.

Baca juga: Negara Ini Minta Warganya Buang Ponsel China yang Digunakan, Ini Alasan Pemerintah 

Tak lama setelah Kanada menangkap Meng Wanzhou, Kepala Keuangan Huawei Technologies yang juga putri pendiri perusahaan, atas permintaan ekstradisi AS.

Banyak negara menyebut tindakan China sebagai politik penyanderaan.

Sebaliknya, China menggambarkan tuduhan terhadap Huawei dan Meng bermotivasi politik untuk menahan perkembangan ekonomi dan teknologi China.

“Sungguh luar biasa bisa kembali ke rumah di Kanada dan saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang bekerja keras untuk membawa kami berdua pulang,” kata Kovrig.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved