Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Dispar Aceh Tengah Latih 100 Pelaku Usaha Bidang Perhotelan dan Homestay

Tujuan pelatihan ini, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola usaha hotel dan homestay.

Penulis: Mahyadi | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Para pelaku usaha hotel dan homestay mengikuti pelatihan SDM kepariwisataan dalam peningkatan standarisasi perhotelan di aula Hoten Parkside, Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (27/9/2021). 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Perkembangan sektor Pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah, selama beberapa tahun terakhir, mengalami kemajuan pesat. Dampaknya, terjadi pertumbuhan penyediaan penginapan, mulai dari hotel berbintang, non berbintang, hotel melati, pondok wisata, guest house serta homestay.

Untuk memaksimalkan sektor pariwasata tersebut, Dinas Pariwisata (Dispar) Aceh  Tengah, menggelar pelatihan sumberdaya manusia kepariwisataan dalam peningkatan standarisasi perhotelan yang diikuti sekitar 100 orang dari pelaku usaha, pemilik hotel dan homestay yang ada di daerah itu.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua hari, 27-28 September 2021 di aula Hotel Parkside, Kota Takengon.

“Tujuan pelatihan ini, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola usaha destinasi wisata, khususnya bagaimana mengelola hotel dan homestay,” kata Kadispar Aceh Tengah, Jumadil Enka.

Dia menuturkan, penyediaan penginapan di Kabupaten Aceh Tengah, mulai berkembang sehingga mampu memberikan alternatif bagi wisatawan. Tetapi, jika dilihat dari tata kelola, ada yang belum memberikan pelayanan secara maksimal bagi wisatawan.

“Mengingat peran usaha penginapan sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan karena berkaitan dengan kenyamanan, sehingga perlu peningkatan kemampuan maupun skill SDMnya dalam pengelolaan penginapan serta homestay,” jelas Kadispar Aceh Tengah ini.

Baca juga: Diungkap Sang Ayah, Dul Jaelani Ikut Biayai Hidup Janda yang Suaminya Tewas Akibat Tabrakan Maut 

Baca juga: Besok, Mulai SKD Pelamar CPNS Kemenkumham di Abulyatama, 17.295 Lulusan SMA Rebut 234 Formasi

Jumadil Enka menyakini, jika kegiatan pelatihan tersebut, mampu mengoptimalkan peningkatan kemampuan para pengelola penginapan sehingga bisa berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa depan.

“Kita berharap ke depan, para pelaku usaha mampu mengimplementasikan kompetensinya dengan dasar dan etika yang baik. Ketika SDM kita sudah baik, tentu sektor pariwisata bisa semakin berkembang. Wisatawan yang berkunjung pun, akan semakin nyaman karena terlayani dengan baik,” pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved