Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Jumlah Pelaku Usaha di Lhokseumawe Lolos Verifikasi, Bakal Terima Bantuan Rp 1,2 Juta

Kementerian Koperasi dan UKM RI, ada 18.877 pelaku usaha yang dinyatakan berhak menerima bantuan usaha kali ini. Masing-masing Rp 1,2 juta

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Disperindagkop dan UKM Lhokseumawe Ramli S Sos MKes. 

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Kementerian Koperasi dan UKM melalui Disperindagkop dan UKM Lhokseumawe, beberapa waktu lalu telah membuka pendaftaran bagi pelaku usaha mikro untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,2 juta.

Untuk Kota Lhokseumawe, total pendaftar sebanyak 2.227 pelaku usaha.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Lhokseumawe, Ramli, Senin (27/9/2021), menjelaskan, setelah pendaftaran saat itu ditutup, maka pihaknya pun  melakukan verifikasi berkas, sehingga 1.967 pemohon dinyatakan lengkap.

Untuk berkas 1.967 calon penerima bantuan yang lengkap, langsung dikirim ke Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Aceh, untuk selanjutnya dikirim ke Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Baca juga: Program Pemerintah Dukung Permodalan UMKM Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Jadi, lanjut Ramli, sesuai informasi diterima pihaknya, Kementerian Koperasi dan UKM RI, ada 18.877 pelaku usaha yang dinyatakan berhak menerima bantuan usaha kali ini. Masing-masing Rp 1,2 juta.

Sedangkan untuk proses pencairan dana, menurut Ramli, masih ada tahapan verifikasi lanjutan.  

Dimana penerima bantuan harus menyerahkan kembali fotokopi KTP, surat keterangan dari keuchik yang membenarkan penerima tersebut memiliki usaha, foto tempat usaha, serta surat pernyataan dari penerima kalau dirinya benar memiliki usaha.

Baca juga: Cara Tepat Promosikan Produk, Illiza Minta Pelaku UMKM Manfaatkan Media Sosial

"Selaniutnya dicocokkan dengan data saat mendaftar dulunya. Bila cocok, maka hasil verifikasi lanjutan tersebut bisa dibawa pelaku usaha ke Bank Aceh setenpat untuk pengurusan pencairan dana.

Karena bantuan tersebut langsung dikirim ke rekening masing-masing penerima," katanya.

Namun diakuinya, saat ini, proses verifikasi lanjutan belum bisa dilakukan karena pihaknya masih menunggu SK Kementerian Koperasi dan UKM RI, terkait penerima bantuan.

"Bila SK sudah ada, maka langsung dilakukan verifikasi lanjutan," katanya.

Namun dikarenakan penerima sebanyak 18.877, pastinya proses verifikasi lanjutan nantinya dilakukan secara bertahap. "Apalagi ini masa pandemi," pungkas Ramli.(*)

Baca juga: Isak Tangis Sambut Kedatangan Jenazah Putra Aceh yang Gugur di Papua

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved