Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Menggunakan Kapal Sampah, Babinsa Ajak Warga Bersihkan dan Jaga Kelestarian Waduk Lhokseumawe

Dengan menggunakan kapal ponton rakitan, Serda Musfikar bersama warga setempat berinisiatif melakukan pembersihan sampah di waduk Lhokseumawe.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS/Dok Kodim Aceh Utara
Ratusan anggota TNI-Polri bersama pemerintah daerah serta masyarakat setempat melaksanakan kerja bakti membersihkan Waduk Kota Lhokseumawe, Jumat (2/7/2021). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lhokseumawe telah memiliki kapal sampah yang akan ditempatkan di lokasi waduk Lhokseumawe

Kapal ini kemudian dipakai prajurit TNI Koramil 16/Banda Sakti jajaran Kodim 0103/Aceh Utara yang peduli kebersihan  untuk membersihkan lingkungan waduk.

Dengan menggunakan kapal ponton rakitan, Serda Musfikar bersama warga setempat berinisiatif melakukan pembersihan sampah-sampah yang tergenang di dalam waduk tersebut.

Serda Musfikar mengatakan, setiap pagi ia melakukan pembersihan waduk dengan dibantu masyarakat yang ada di sekitar waduk.

Tujuan pembersihan waduk tersebut adalah untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang sering terjadi di kota Lhokseumawe

"Saya berinisiatif bersama- sama dengan warga menggunakan kapal sampah rakitan yang ada di waduk untuk mengangkat sampah yang ada dan alhamdulillah warga sangat antusias berpartisipasi,” ujarnya. 

Baca juga: Tim Gabungan Jaring Ratusan Pengunjung Waduk Lhokseumawe

Baca juga: TNI Polri dan Pemkab Bersihkan Waduk Lhokseumawe

Baca juga: Meski Tercemar Limbah, Nelayan Tetap Budidaya Ikan dalam Waduk Lhokseumawe

“Perahu ponton ini merupakan gagasan dari Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistianto bekerja sama dengan Politeknik Lhokseumawe," ungkap Babinsa Koramil 16/Banda Sakti itu kepada Serambinews.com, Senin (27/9/2021).

Menurutnya, kebersihan lingkungan adalah faktor utama, dan menjaga kebersihan artinya menciptakan lingkungan yang sehat bebas dari kotoran seperti sampah sampai bau yang tidak sedap. 

Di Kota Lhokseumawe, ungkap dia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi isu perdebatan bagi warga.

"Walaupun disadari menjaga kesehatan lingkungan merupakan kewajiban bagi setiap individu,” tukasnya. 

“Hal ini yang harus diterapkan kepada setiap warga yang ingin berwisata agar kelestarian waduk ini terus terjaga serta bersih dari limbah dan sampah masyarakat," pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved