Breaking News:

Aceh vs Sulawesi Utara, Bersua Setelah 20 Tahun

Duel Aceh versus Sulawesi Utara (Sulut) menjadi partai pembuka cabang sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Grup C

Editor: bakri
DOK PSSI ACEH
Kesebelasan sepakbola Aceh memeriksa barang di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar sebelum berangkat ke Surabaya, Jawa Timur, Rabu (1/9/2021). 

BANDA ACEH - Duel Aceh versus Sulawesi Utara (Sulut) menjadi partai pembuka cabang sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Grup C. Kedua tim akan bertanding di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, Selasa (28/9/2021).

Pertandingan Alvin Abdul Halim dkk akan dipentaskan pada pukul 15.00 WIT atau pukul 13.00 WIB. Bagi besutan Fakhri Husaini, tarung ini jelas menjadi sangat penting dalam mengumpulkan poin sehingga bisa lolos ke babak enam besar.

Sebagaimana diketahui, Aceh sebagai peraih medali Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2019 di Bengkulu masuk ke Grup C. Yasvan Yusri dkk bergabung bersama juara PON 2012, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan peraih medali perak Porwil, Bengkulu. Namun, Bengkulu dipastikan absen karena memilih mundur.

Bagi Aceh, keberhasilan lolos ke PON 2021 di Papua sekaligus memutus kegagalan Tanah Rencong di arena pesta empat tahunan tersebut. Bukan rahasia, anak-anak Aceh gagal tampil di PON 2021 di Riau, dan terakhir di PON 2016 di Jawa Barat.

Meski berhasil melangkah ke Papua, perjuangan Akhirul Wahdan, Perda Rahman, Kautsar Ramadhan, Muhammad Fayrushi, dan Mursalin terhitung luar biasa. Dari awal, mereka sama sekali tak diperhitungkan lolos merebut tiket PON. Ya, Khairil Anwar dkk hanya memiliki waktu sebulan untuk melakukan persiapan.

Ternyata, persiapan minim tak membuat mereka goyah. Muzakir dkk berhasil membungkam para pengkritik mereka. Bukan hanya lolos ke PON Papua, Jamaluddin cs berhasil membawa pulang medali emas ke Aceh. Ridha Umami dkk mengulang kembali prestasi Aceh pada tahun 1999 lalu.

Tahun 1999, Ismed Sofyan, Faisal Jalal, Mulyadi, Yulibar Ledon, Wahyudi, Zoelkarnaen Trienggadeng dan Rahman Dodo berhasil merebut medali emas. Akhirnya, Alvin dkk mampu mengulang kembali kejayaan setelah menanti 20 tahun. Prestasi itu terasa istimewa mengingat mereka sama sekali tak diunggulkan, dan prediksi tak akan lolos ke PON.

Jujur saja, pertemuan Aceh dengan Sulawesi Utara mengulang kembali pertandingan di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kala itu, Aceh bertemu Sulut dalam laga penyisihan grup cabang sepakbola PON 2020 di Jawa Timur.

Dalam pertandingan itu, Sulut tampil sebagai pemenang. Satu gol dari tendangan voli indah Firman Utina sudah cukup membuat Ismed Sofyan dkk tersungkur. Aceh kalah 0-1 sekaligus membuat peluang semakin kecil dari grup.

Di partai awal, pasukan Yahya Chan-Joharuddin (alm) juga kalah saat bertemu tuan rumah Jatim. Ketika pertandingan tersisa lima menit terakhir, Jatim sukses mencetak gol lewat tandukan si ular piton, Budi Sudarsono. Di partai terakhir, Aceh melengkapi kekalahan 1-3 dari DKI Jakarta.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved