Breaking News:

Berita Banda Aceh

Hindari Kesemrawutan Kota, Satpol PP dan WH Banda Aceh Tertibkan PKL di Sejumlah Jalan Protokol

“Kegiatan penertipan ini menyayar PKL yang berjualan selepas magrib dan lapaknya telah memakan badan jalan dan selain pengguna jalan, masyarakat umum

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Nurul Hayati
Foto kiriman Ratno Sugito
Kasatpol PP dan WH Banda Aceh Ardiansyah SSTP MSi memimpin personel Satuan Polisi Pamong Praja Wilayatul Hisbah (Satpol PP-WH) melakukan penertipan pedagang kaki lima di sejumlah jalan protkol dalam kawasan perkotaan Banda Aceh, Senin (27/9/2021) malam. 

“Kegiatan penertipan ini menyayar PKL yang berjualan selepas magrib dan lapaknya telah memakan badan jalan dan selain pengguna jalan, masyarakat umum juga mengeluhkan permasalahan ini,” katanya.

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Satuan Polisi Pamong Praja Wilayatul Hisbah (Satpol PP-WH) Kota Banda Aceh melakukan penertipan pedagang kaki lima di sejumlah jalan protokol dalam kawasan perkotaan Banda Aceh, Senin (27/9/2021) malam.

Sejumlah petugas Satpol PP-WH mendatangi para pedagang kaki lima di sepanjang kawasan Jalan Kh Ahmad Dahlan, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Diponogoro untuk memberikan imbauan secara langsung ke setiap pedagang.

Kasatpol PP dan WH Banda Aceh, Ardiansyah SSTP MSi mengatakan, upaya penertipan ini merupakan langkah awal dan merupakan upaya persuasif yang dilakukan.

“Kegiatan penertipan ini menyayar PKL yang berjualan selepas magrib dan lapaknya telah memakan badan jalan dan selain pengguna jalan, masyarakat umum juga mengeluhkan permasalahan ini,” katanya.

Langkah ini dilakukan, guna menjaga ketentraman dan ketertiban Kota Banda Aceh.

Dimana tidak tertibnya pedagang dalam menjajakan barang dagangannya, baik itu penjual pakaian dan lain lainya dapat menggangu ketertiban umum.

Baca juga: Viral Video Satpol PP Bersikap Arogan saat Penertiban PKL, Begini Penjelasan Kasatpol PP

Untuk diketahui bersama, sesuai Qanun Kota Banda Aceh No 06 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, ada beberapa tempat yang memang dilarang untuk berjualan, salah satunya adalah ruas jalan.

Di lapangan, petugas Satpol PPWH Banda Aceh juga merespon langsung laporan dari warga, terkait keberadaan seorang wanita paruh baya yang diduga masuk dalam katagori Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ).

“Tadi juga kita telah mengamankan seseorang wanita paruh baya yang diduga ODGJ, dan telah kita amankan dan membawanya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh,” terangnya.

Menurut informasi yang didapat dari beberapa pedagang kaki lima di kawasan halte Trans Kutaraja, wanita paruh baya tersebut sudah beberapa waktu ini tinggal di tempat tersebut.

Tidak hanya tidur, namun buang hajat juga di tempat tersebut.

Terkait tindak lanjut dari laporan warga tersebut, Kasatpol PPWH Banda Aceh mengatakan, sesuai arahan dari Wali Kota Banda Aceh, menghimbau kepada warga untuk melaporkan bila melihat hal-hal yang mencurigakan dan berpotensi menggaggu ketertiban umum.

“Masyarakat dapat menghubungi nomor call center  Satpol PPWH Banda Aceh di 0812 19 4001, identitas pelapor akan kami rahasiakan,” tambahnya. (*)

Baca juga: VIDEO Satpol PP Banda Aceh Tertibkan Pasar Ilegal di Kawasan Wisata Ulee Lheue

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved