Breaking News:

RUU Daerah Kepulauan

Ketua Komite I Fachrul Razi: RUU Daerah Kepulauan Jawaban Atas Disparitas Daerah di Kepulauan

Selama ini perspektif pembangunan di Indonesia lebih didasarkan pada daratan, padahal sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kepulauan.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Senator Fachrul Razi dalam OBRAS alias Obrolan Senator di Senayan Jakarta. 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS COM, JAKARTA - Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi mengatakan DPD RI pada tahun 2017 telah menyusun RUU tentang Daerah Kepulauan yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah kepulauan, meningkatkan taraf hidup masyarakatyang selama ini kurang mendapat perhatian, dan pengembangan potensi laut demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah kepulauan.

RUU tentang Daerah Kepulauan yang dinisiasi oleh Komite I DPD RI disahkan pada Sidang Paripurna DPD RI ke-4 Masa Sidang I Tahun Sidang 2017-2018 tanggal 19 September 2017 dengan Keputusan DPD RI Nomor 4 /DPD RI/I/2017-2018.

Sejak tahun 2018 hingga 2021 RUU Daerah Kepulauan menjadi Prioritas dalam Prolegnas.

Ia menyatakan RUU Daerah Kepulauan jawaban atas disparitas daerah di kepulauan.

Selama ini perspektif pembangunan di Indonesia lebih didasarkan pada daratan, padahal sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kepulauan.

Baca juga: Korban Rumahnya Ditimpa Pohon di Aceh Timur Masih Bertahan di Rumah Orang Tua

Hal ini menyebabkan terjadi kesenjangan (disparitas) pembangunan dari daerah-daerah yang berkarakter kepulauan yang sebagian besar berada di wilayah timur Indonesia.

"Oleh karena itu, diperlukan upaya percepatan pembangunan daerah kepulauan untuk menyeimbangkan pembangunan, pemenuhan kesejahteraan dan peningkatan pelayanan publik yang optimal antara barat dan timur Indonesia," terang Senator Fachrul Razi dalam Diskusi Obrolan Senator (Obras) bertempat di Ruang Media Parlemen, Gedung Nusantara III, Lt. 1, Komplek MPR/DPR RI, Rabu (29/9/2021).

Dalam Obras yang dipandu wartawan Jawa Pos Khafidlul Ulum, serta diskusi ini masih dalam suasana peringatan ke-17 Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Baca juga: Ditpolairud Amankan Kapal Diduga Tangkap Ikan Pakai Pukat Harimau, Ternyata Tidak Miliki Dokumen

Acara turut dihadiri oleh Keynote Speaker Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattaliti, Wakil Ketua I DPD RI Dr. Nono Sampono, M.Si, Wakil Ketua Baleg DPR RI Willy Aditya, S.Fil, M.D.M, Sekjen Asosisasi Pemda Kepulauan dan Pesisir Indonesia (ASPEKSINDO).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved