Breaking News:

Video

VIDEO - Ruangan Cuci Darah RSUD Bireuen Penuh Pasien

Sembilan bed penuh, tambahan enam bed lainnya dalam dua hari terakhir juga sudah penuh dengan pasien.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: m anshar

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Ruangan pelayanan bagi pasien yang menjalani cuci darah di ruangan hemodialisis RSUD Bireuen sejak beberapa bulan terakhir dipenuhi pasien.

Sembilan bed penuh, tambahan enam bed lainnya dalam dua hari terakhir juga sudah penuh dengan pasien. 

Tambahan enam bed baru untuk pasien cuci darah diresmikan Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani, Senin  (4/10/2021). 

Seluruh bed ruangan cuci darah RSUD Bireuen penuh pasien mulai dari usia muda maupun lansia, sebagian pasien berasal dari Sigli, Pidie Jaya maupun Bireuen sendiri.  

Taufik (38) seorang warga Jeunieb yang sedang menjalani proses cuci darah mengatakan, awalnya sekitar tiga tahun lalu ia menjalani cuci darah di Banda Aceh, kemudian pindah ke Sigli dan sejak dua bulan lalu menjalani cuci darah di RSUD dr Fauziah Bireuen.  

Direktur RSUD Dr Fauziah Bireuen, dr Amir Addani mengatakan, sejak beberapa tahun lalu RSUD dr Fauziah Bireuen melayani pasien cuci darah, sebagian warga Bireuen dan juga ada warga dari luar Bireuen seperti Sigli dan Pidie Jaya. 

Fasilitas sebelumnya yang disediakan hanya sembilan tempat tidur, setiap hari penuh semua, lamanya proses cuci darah minimal dua jam setiap orang dan setiap hari penuh pasien.  

Menyangkut penyebab banyaknya pasien yang harus cuci darah, Amir Addani mengatakan, salah satu faktor utama adalah pola makan dan menyebabkan sakit ginjal, kemudian sering darah tinggi, dan juga ada pasien yang infeksi  terpaksa cuci darah secara rutin dan tanpa biaya sama sekali.  

Selain meresmikan tambahan bed untuk pasien cuci darah, Bupati Bireuen Muzakkar A Gani juga menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga medis non PNS dan menyerahkan SK kenaikan pangkat. . (*)

Dari Bireuen Yusmandin Idris Serambi Ontv

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved