Breaking News:

Berita Aceh Timur

Polres Aceh Timur Limpahkan Perkara Pembunuhan dan Perdagangan Organ Gajah ke Jaksa

“Selanjutnya, kita (JPU) akan segera menyiapkan adminitrasi pelimpahan dan segera melimpahkan perkara ini ke PN Idi untuk disidangkan," ungkap Kajari.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Saifullah
Dok Kejari Aceh Timur
Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Aceh Timur menerima pelimpahan perkara tindak pidana pembunuhan dan perdagangan organ satwa dilindungi yaitu gajah liar dari penyidik Polres Aceh Timur, Selasa (5/10/2021). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Aceh Timur, menerima pelimpahan berkas perkara tindak pidana pembunuhan dan perdagangan organ satwa dilindungi yakni gajah liar dari penyidik Polres Aceh Timur, Selasa (5/10/2021).

Dalam kegiatan ini, penyidik Polres Aceh Timur juga melimpahkan 5 tersangka tindak pidana pembunuhan dan perdagangan organ satwa gajah liar, beserta barang buktinya ke JPU Kejari Aceh Timur.

"Selasa hari ini kita sudah menerima pelimpahan tersangka pembunuhan dan perdagangan organ satwa gajah beserta barang bukti dari penyidik Polres Aceh Timur,” ujar ungkap Kajari Aceh Timur, Semeru SH, didampingi Kasi Intel, Andy Zulanda SH, dan Kasi Pidum Ivan Najjar Alavi SH, MH.

“Selanjutnya, kita (JPU) akan segera menyiapkan adminitrasi pelimpahan dan segera melimpahkan perkara ini ke PN Idi untuk disidangkan," ungkap Kajari Aceh Timur.

Adapun JPU yang menangani perkara tersebut, beber Kajari, yakni Iqbal Zakwan SH MH, dan Harry Arfan SH MH.

Diberitakan sebelumnya, Polres Aceh Timur berhasil menangkap 5 pelaku pembunuhan dan perdagangan organ satwa gajah liar.

Baca juga: VIDEO Polisi Tangkap 11 Tersangka Pembunuh Lima Ekor Gajah di Aceh Jaya, Dua Masih DPO

Baca juga: Polres Bentuk Tim untuk Ungkap Kasus Pembunuhan Gajah Liar

Baca juga: Ungkap Pelaku Pembunuhan Gajah, 17 Personel Polres Aceh Timur Peroleh Penghargaan

Gajah tersebut ditemukan mati tanpa kepala di areal perkebunan PT Bumi Flora, Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, Minggu (11/7/2021) lalu.

Kelima tersangka yang diserahkan penyidik Polres Aceh Timur ke JPU terdiri dari pelaku utama pembunuhan gajah, dan pelaku perdagangan organ gajah. Mereka adalah,JN, EM, SN, JF, RN.

Para pelaku ini, dijerat dengan Pasal 21 ayat 2 huruf a dan Pasal 40 ayat 2 UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam, jo Pasal 55 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved