Breaking News:

Berita Aceh Barat

Dipimpin Keuchik Wanita, Desa di Aceh Barat Dongkrak Perekonomian Produktif Warga Melalui KWT

KWT di Desa Padang Jawa, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat telah mampu mendongkrak ekonomi produktif masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga KWT

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Muhammad Hadi
Foto kiriman Nuraini
Keuchik bersama ibu-ibu KWT Desa Padang Jawa, Kecamatan Woyla saat menerima bibit tanaman muda yang diserahkan oleh Dinas Pangan, Aceh Barat guna pengembangan program kelompok wanita tani yang berlangsung di Padang Jawa. Foto direkam 27 September 2021. 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Program kelompok wanita tani (KWT) di Desa Padang Jawa, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat telah mampu mendongkrak ekonomi produktif masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga KWT.

Pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman muda sudah sangat membantu rumah tangga yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Dimana salah satu kebutuhan tersebut terpenuhi di kebun mini, yang di sana tersedia cabai, dan tanaman sayuran yang bisa digunakan hari-hari.

Keuchik Padang Jawa, Kecamatan Woyla, Nuraini kepada Serambinews.com, Selasa (5/10/2021) menyatakan, luas pekarangan lahan yang dimanfaatkan di rumah masing-masing yang digunakan sekitar 5 X 5 meter persegi.

Baca juga: Dilaporkan Hilang, Santri di Aceh Barat Ditemukan di Warkop, Ini Sebab Meninggalkan Pesantren

Disebutkan, dalam pekarangan itu ditanami cabai, kangkung, tomat, sawi dan sejumlah tanaman lainnya.

Tanaman tersebut tentunya kini sudah sangat membantu ekonomi produktif masyarakat setempat yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2017 sampai sekarang, yang kini menjadi percontohan untuk masyarakat luas lainnya di Aceh Barat.

Ia menambahkan, terkait dengan program KWT kini sudah ada bantuan dari dinas pangan, berupa segala jenis bibit cabai, tomat, kacang panjang, seledri dan sejumlah bantuan bibit lainnya.

Selain itu juga diberikan sejumlah peralatan berupa cangkul, dan kereta sorong yang semakin memperlancar jalannya program KWT tersebut di Desa Padang Jawa.

Baca juga: Bantah Anggota DPRA, Jubir Pemerintah Aceh Tegaskan Kantor ULP Terbuka untuk Publik

Program KWT tersebut juga didukung dan dimotivasi oleh Ketua TP KK Kabupaten Aceh Barat, Evi Juwinda, Camat Woyla Yulisman Yahya dan Ketua PKK Kecamatan Woyla.

Dikatakannya, bahwa Ketua PKK Kabupaten Aceh Barat, Evi Juwinda, berharap dengan adanya program KWT tersebut dapat merubah beban ekonomi rumah tangga di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Menyangkut dengan program KWT kini Desa Padang Jawa sudah mendapatkan penghargaan dari tingkat kecamatan, atas prestasi tersebut yang dianggap cukup bermanfaatkan untuk masyarakat.

"Kita terus mendorong masyarakat melalui program KWT tersebut guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertani, sebab program itu jelas bermanfaatkan untuk keluarga masing-masing," jelas Keuchik Nuraini.(*)

Baca juga: Dapat Nilai Tertinggi Tes SKD, Reny Octavira tak Lulus Masuk Sekolah Tinggi Transportasi Darat 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved