Breaking News:

Salam

Publik Puas, Selamat Ulang Tahun ke-76 TNI

Peringatan HUT ke-76 TNI, 5 Oktober 2021, dilaksanakan di tengah kepuasan publik terhadap institusi militer yang terdiri dari angkatan darat

Editor: bakri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga melihat kendaraan tempur milik TNI yang dipamerkan. 

Peringatan HUT ke-76 TNI, 5 Oktober 2021, dilaksanakan di tengah kepuasan publik terhadap institusi militer yang terdiri dari angkatan darat, udara, dan laut. Apresiasi terhadap kinerja TNI terlihat dari hasil survei serta pendapat sejumlah sejumlah politisi dan wakil rakyat. Dan, TNI diingatkan untuk terus meningkatkan kemampuan atau profesionalitas prajurit lantaran tantangan ke depan semakin berat. 

Presiden Joko Widodo secara serius meminta TNI selalu siap siaga menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas. Seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, ancaman biologi. Termasuk juga ancaman bencana alam.

“Spektrum ancaman semakin luas sehingga transformasi pertahanan harus dilanjutkan. Salah satunya dengan menyesuaikan kapasitas pertahanan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.” kata Presiden.

Bersamaan dengan kepuasan publik serta beratnya tugas TNI mendatang, Ketua DPR RI Puan Maharani berharap adanya peningkatan kesejahteraan prajurit. Kinerja TNI yang memuaskan dalam menjaga pertahanan dan ketahanan negara harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah. “Saya mengapresiasi kinerja TNI sebagai garda pertahanan negara. Khususnya dalam dua tahun terakhir, seluruh jajaran TNI turut membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.”

Memang, dalam berbagai survei selama ini, TNI menjadi lembaga negara yang memiliki citra sangat tinggi. Dalam survei terbaru Litbang Kompas, publik menilai TNI telah melakukan beragam ke-giatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendapat tingkat kepuasan sebesar 78,1% untuk penanganan pandemi Covid-19.

Bahkan pada survei Litbang Kompas April 2021, kepuasan publik kepada TNI mencapai 95,5 persen. Puan mengatakan, banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan upaya-upaya yang dilakukan TNI. “Selain membantu pembagian kebutuhan pokok bagi masyarakat, peran TNI pada program vaksinasi Covid-19 sangat besar. Bukan sekadar menyelenggarakan vaksinasi massal, tapi banyak satuan TNI yang melakukan jemput bola untuk memvaksinasi warga,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta menilai, TNI telah hadir untuk menjaga kedaulatan Indonesia dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. "Dengan kiprah TNI yang besar, wajar jika dalam banyak survei, respons positif masyarakat terhadap TNI selalu tinggi. Modal kepercayaan masyarakat yang besar ini perlu direspons TNI dengan terus meningkatkan profesionalitasnya."

Harapannya, TNI terus melakukan pembenahan dengan fokus kepada dua hal, yaitu peningkatan kapasitas SDM dan memperkuat industri pertahanan nasional. Kedua hal ini bisa membawa TNI pada level yang lebih tinggi dalam percaturan global.

Sebab, ke depannya TNI berhadapan dengan tiga tantangan besar. Pertama, adanya ancaman keamanan regional dengan memanasnya situasi di Laut China Selatan (LCS). Posisi Indonesia yang dekat dengan episentrum konflik LCS akan rawan menjadi area perang proxy dan adu pengaruh antar kekuatan besar seperti China dan Amerika Serikat.

Tantangan kedua ada di lingkup nasional seperti meningkatnya gerakan separatisme di Papua, masih tumbuhnya gerakan ekstremisme berbalut sentimen agama serta ancaman disintegrasi. Ini perlu disikapi TNI dengan tindakan yang lebih sistematis dan menyentuh akar permasalahan.  Program-program seperti TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang menyasar kantong-kantong kemiskinan dan juga wilayah terluar dan tertinggal perlu diperluas karena akan menguatkan simpul-simpul persatuan.

Sedangkan tantangan ketiga adalah pesatnya perkembangan teknologi yang menyebabkan dimensi keamanan nasional menjadi lebih luas. "Saat ini ancaman terhadap kedaulatan Indonesia tidak hanya berwujud kekuatan bersenjata, tetapi juga bisa berwujud perang Siber. Hal ini menuntut TNI untuk turut memperkuat sistem keamanan siber." Nah?!

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved