Breaking News:

Segera Fokus untuk Persiapan ke Kejuaraan Dunia

Lifter Putri Aceh, Nurul ‘Amel’ Akmal berhasil menyumbangkan medali emas buat Kontingen Tanah Rencong dari cabang angkat besi PON XX

Editor: bakri
PB PON XX PAPUA/Dadang Tri
Lifter putri Aceh, Nurul Akmal memecahkan rekor baru di kategori Snatch atas namanya sendiri dari 113 kg sebelumnya menjadi 116 kg di kelas 87 kg cabor angkat besi PON XX Papua di Auditorium Universitas Cendrawasih Jayapura, Kamis 7/10/2021. 

Lifter Putri Aceh, Nurul ‘Amel’ Akmal berhasil menyumbangkan medali emas buat Kontingen Tanah Rencong dari cabang angkat besi PON XX. Pertandingan angkat besi dipentaskan di Auditorium Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021). Raihan dari Nurul Akmal membuat Kontingen Aceh sudah mengoleksi enam medali emas, empat perak, dan empat perunggu.

Medali emas tersebut berasal dari Jihan (sepatu roda), Dara Phonna (muaythai), Andri Yanto (binaraga), dan Muhammad Zul Ilmi (angkat besi). Berikutnya, trio Erwanto-Yudi Anggara Putra- Zaidil sukses mengakhiri penantian panjang medali emas bagi Aceh dari cabang anggar nomor floret beregu putra. Terakhir, emas disumbangkan oleh lifter Olimpiade asal Aceh Utara, Nurul Akmal, kemarin.

Dua medali emas dari cabang angkat besi memenuhi target yang dibebankan KONI Aceh kepada Pengprov PABSI Aceh. Artinya, mereka mampu mempertahankan prestasi yang ditorehkan saat perhelatan PON 2016 di Jawa Barat.

Usai pengalungan medali, Nurul Akmal kepada wartawan mengungkapkan, kebahagiaannya setelah mampu mempersembahkan emas bagi Kontingen Bumi Iskandar Muda. “Alhamdulillah, Amel mewujudkan cita-cita untuk terus memberikan yang terbaik bagi Aceh,” kata peraih emas Pra-PON 2019 di Bandung, Jawa Barat, itu.

Setelah tampil di PON, Nurul Akmal secara terbuka mengungkapkan, dirinya segera kembali ke Jakarta untuk mengikuti latihan di Pelatnas. Ia akan segera melakukan persiapan guna menghadapi Kejuaraan Dunia di Taskhent, Uzbekistan. Kejuaraan Dunia tersebut akan berlangsung pada Desember mendatang.

Karena itu, butuh persiapan khusus sebelum terjun ke even bergengsi tersebut. Kecuali itu, kata Nurul Akmal, dia juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Asian Games, SEA Games Vietnam, dan babak prakualifikasi Olimpiade 2024 di Paris. “Jadwal tahun depan sangat padat. Babak prakualifikasi Olimpiade 2024 di Paris juga akan dimulai,” sebut dara yang akrab disapa Amel, itu.

Seperti diketahui, Aceh memiliki dua lifter yang menghuni Pelatnas. Setelah sebelumnya Surahmat dan Nurul Akmal, kini sudah ada sosok lifter muda asal Aceh Besar, Muhammad Zul Ilmi.  Bahkan, Muhammad Zul Ilmi sudah pernah dikirim ke Kejuaraan Asia di Uzbeskitan pada April 2021 lalu. (ran)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved