Breaking News:

Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu, Bigini Cara Makan Tempe yang Sehat Menurut dr Zaidul Akbar

Umumnya, orang mengonsumsi tempe yang digoreng terlebih dahulu. Namun, cara ini sebenarnya kurang sehat untuk diterapkan.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Via https://health.grid.id
Aneka bentuk dan jenis tempe 

SERAMBINEWS.COM - Berikut cara mengonsumsi tempe yang sehat menurut praktisi kesehatan dr Zaidul Akbar.

Siapa tidak kenal tempe? Makanan sehari-hari orang Indonesia ini adalah olahan dari kedelai yang sangat mudah dijumpai di hampir seluruh wilayah.

Tempe yang biasanya berbentuk bongkahan persegi ini adalah hasil fermentasi kedelai yang diberi sejenis jamur atau kapang yang masuk dalam genus rhizopus.

Mengutip dari laman Indonesia.go.id, disebutkan tempe adalah makanan olahan dari hasil fermentasi yang sejajar nilainya dengan keju, yogurt, hingga roti.

Nah, umumnya, orang Indonesia mengonsumsi tempe yang digoreng terlebih dahulu. Namun, cara ini sebenarnya kurang sehat untuk diterapkan.

Menurut keterangan dr Zaidul Akbar, tempe mengandung probiotik yang sangat baik dan bakteri yang ada pada tempe bersifat tidak tahan panas.

Baca juga: Dianggap Lebih Sehat, Ternyata Tempe Dibungkus Daun Pisang Bisa Datangkan Bahaya Bagi Tubuh

Oleh sebab itu, mengolah tempe dengan cara digoreng tentunya bisa mengurangi bahkan menghilangkan bakteri baiknya.

Lanjut dr Zaidul Akbar, tempe yang digoreng atau telah melalui proses pemanasan akan merusak gizinya.

"Kalau digoreng tempenya banyak gizinya yang rusak. Tetap bersisa (gizinya), tapi banyak yang kebuang karena pemanasan," kata dr Zaidul Akbar dilansir Serambinews.com dari kanal YouTube Sobat Herbal, Sabtu (9/10/2021).

dr Zaidul Akbar menjelaskan tentang manfaat mengonsumsi jamur-jamuran untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa mencegah kanker.
dr Zaidul Akbar menjelaskan tentang manfaat mengonsumsi jamur-jamuran untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa mencegah kanker. (Tangkapan Layar Kanal YouTube Zaidul Akbar Official)

Lalu, bagaimana cara makan tempe yang sehat?

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved