Breaking News:

Video

VIDEO - Melihat Pengolahan Kopi Khop di Aceh Barat

Kopi yang digiling berjenis kopi robusta yang didatangkan dari sejumlah kabupaten di Aceh, dan Sumatera.

Editor: m anshar

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Kopi khop atau kopi terbalik salah satu kopi khas Aceh Barat, keunikan dari kopi khop ini penyajiannya  dengan gelas terbalik.

Untuk memenuhi permintaan pasar lokal maupun luar Aceh, salah satu pemasok kopi khop yang sudah eksis sejak tahun 1968 di Aceh Barat, yaitu pengolahan kopi H. Fauzi Ibrahim di Desa Kuta Padang, Meulaboh, Aceh Barat, Sabtu (2/10/2021).

Kopi yang digiling berjenis kopi robusta yang didatangkan dari sejumlah kabupaten di Aceh, dan  Sumatera, biji kopi yang digiling sebelumnya disortir dengan rata rata sehari 100 kilogram lebih.

Biji kopi dimasukkan ke dalam alat sangrai berbentuk  drum dan diberi lubang angin, dengan putaran besi secara manual dan putaran juga menggunakan mesin untuk ukuran drum besar,  proses sangrai dengan api dari kayu, diyakini api kayu membuat kopi lebih berkualitas dari aroma dan citarasanya daripada menggunakan api gas.

Setelah dua jam disangrai maka kopi akan mengeluarkan asap putih yang pertanda sudah matang, lalu kopi didinginkan pada wadah, sambil dibalikkan untuk meratakan pendinginan secara alami agar kopi tidak lengket.

Kopi yang sudah matang lalu digiling dengan bentuk kasar. Lalu dimasukkan kedalam kemasan  sebelum dipasarkan ke warung kopi di Aceh Barat hingga di online shop. 

Bubuk kopi khop dijual dengan harga mulai Rp. 70.000 perkilogram.

Narator: Ardiansyah

Video Editor: M Anshar

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved