Breaking News:

Berita Nasional

Diground Breaking Jokowi, Indonesia Dapat Pemanfaatan Nilai Tambah Tembaga Melalui KEK Gresik

Di lima belas KEK tersebut, terdapat total 150 jumlah perusahaan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi 22.279 tenaga kerja.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada kegiatan Ground Breaking KEK Gresik yang berlangsung pada Selasa (12/10/2021), di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

SERAMBINEWS.COM, GRESIK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan sejumlah pejabat negara lainnya melakukan Ground Breaking KEK Gresik yang berlangsung pada Selasa (12/10/2021), di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dalam mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Dari 15 KEK yang telah ditetapkan, didapatkan komitmen pelaku usaha sebesar Rp 64,4 triliun, dan realisasi investasi pelaku usaha dan badan usaha mencapai Rp 43 triliun.

Di lima belas KEK tersebut, terdapat total 150 jumlah perusahaan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi 22.279 tenaga kerja.

Selain itu, KEK telah berhasil membantu pertumbuhan nilai ekspor sebesar Rp 3,8 triliun.

Saat ini, di Indonesia telah terdapat 19 KEK, di mana KEK Gresik adalah salah satu dari 4 KEK tambahan.

Baca juga: Investor KEK Arun Diberi Keringanan

Komitmen investasi di 19 KEK berkembang menjadi Rp 92,9 triliun, dengan realisasi investasi pelaku usaha dan badan usaha mencapai Rp 54,6 triliun.

Investasi tersebut berasal dari penambahan jumlah pelaku usaha di KEK menjadi sebanyak 167 pelaku usaha yang telah meningkatkan jumlah lapangan kerja menjadi sebanyak 27.090 orang.

KEK Gresik yang terletak di Provinsi Jawa Timur ditetapkan pada 28 Juni 2021 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2021.

KEK ini memilki lahan luas total sebesar 2.167 Ha dengan target nilai investasi dalam 5 tahun pertama sebesar Rp 71 triliun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved