Breaking News:

Pendidikan

Disdik Aceh Latih 550 Guru Inti untuk Motivasi Siswa yang Berminat Melanjutkan Pendidikan ke PTN

Proses rekrutmen guru inti dilakukan secara transparan, untuk menjaring guru-guru terbaik pada mata pelajaran yang diuji dalam ujian tes berbasis komp

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Plt Kabid GTK Disdik Aceh, Muksalmina, Spd, MPd 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Pendidikan Aceh mulai merekrut dan melatih 550 guru inti untuk persiapan tes ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Pelatiha tersebut untuk menyahuti tingginya minat siswa/siswi SMA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) dari tahun ke tahun, setelah tamat dari SMA/SMK.

“Guru inti yang direkrut sebanyak 550 orang, sumber orangnya tersedia di 23 kabuaten kota,” kata Kadisdik Aceh Drs Alhudri MM, melalaui Kabid GTK nya, Muksalmina SPd, MPd kepada Serambinews.com, Selasa (12/10/2021) di Banda Aceh.

Proses rekrutmen guru inti dilakukan secara transparan, untuk menjaring guru-guru terbaik pada mata pelajaran yang diuji dalam ujian tes berbasis komputer (UTBK).

Baca juga: Jalur Gaza Tingkatkan Kesadaran Kanker Payudara, Hilangkan Stigma Sosial Bagi Wanita

Antara lain, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS dan lainnya.

Proses rekkrutmen guru inti itu melibatkan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, yang diikuti sebanyak 1.894 orang guru dari berbagai mata pelajaran yang terdapat di 23 kabupaten/kota.

Dari 1.894 orang calon guru inti yang ikut tes masuk guru inti, sebanyak 10 orang yang terbaik di masing-masing daerah akan dijadikan sebagai Master of Teacher (MoT), yang kegiatannya dimulai pada Rabu 13 Oktober 2021.

Pembekalan materi ini Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) bagi guru MoT sebanyak 230 orang tersebut, akan dilaksanakan mulai 18-28 Oktober 2021 mendatang.

Dari data 1.894 orang guru yang ikut menjadi peserta calon guru inti, kata Muksalmina, akan dijaring kembali 675 orang guru, sebagai imbas yang akan mengikuti pelatihan penguatan UTBK.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved