Breaking News:

Rektor USK Lantik WR III dan Tiga Pejabat Baru

Rektor Universitas Syi'ah Kuala USK), Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU ASEAN Eng melantik Dr Hajjul Kamil SKp MKep sebagai Wakil Rektor

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor USK,Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU ASEAN Eng, memberikan ucapan selamat kepada empat pejabat baru seusai acara pelantikan di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Senin (11/10/ 2021). 

BANDA ACEH - Rektor Universitas Syi'ah Kuala USK), Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU ASEAN Eng melantik Dr Hajjul Kamil SKp MKep sebagai Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Ia menggantikan Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC, yang di saat bersamaan dilantik sebagai Dekan Fakutas Teknik. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Senin (11/10/2021).

Rektor juga mengangkat Dr Teuku Tahlil SKp MS sebagai Pejabat Dekan Fakultas Dekan Keperawatan (FKep). Ia mengisi posisi yang ditinggalkan Dr Hajjul. Sementara itu, Dr Syamsidik ST MSc dilantik sebagai Kepala Unit Pelayanan Teknis Mitigasi Bencana USK, menggantikan Prof Dr Khairul Munadi ST MEng.

Rektor mengucapkan syukur atas terlaksannya pelantikan tersebut. Hal ini menunjukkan USK tetap on the track, melakukan pergantian pejabat setiap 4 tahun sekali. Rutinitas ini telah berlangsung sejak USK lahir, sebelum berganti dengan PTN-BH. Ia mengucapkan selamat mengemban amanah bagi pejabat yang telah dikukuhkan tersebut

"Terus bekerja keras. Kami ingin selalu bisa berkolaborasi. Silakan bekerja sama dengan kolega, mahasiswa, dan masyarakat. Mudah-mudahan kampus ini lebih baik setiap saat," ucap Prof Samsul Rizal seperti disampaikan Koordinator Humas USK, Ferizal Hasan SE, kepada Serambi, kemarin.

Rektor mengungkapkan, dalam menjalankan tugas, keikhlasan dan kejujuran adalah modal utama. Di samping itu, tidak terjebak dengan zona nyaman, serta berani berinovasi dan menjalin sinergisitas antar lini, hingga menjadi landasan USK berkembang pesat. Salah satu target utama yang ingin direalisasikan adalah menjadikan USK berstatus PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum).

"Saya akan meninggalkan USK tak sampai 6 bulan lagi. Semoga USK lebih baik setiap waktu. Sebelum saya tinggalkan, Insya Allah USK akan berstatus PTN-BH. Mengapa kita kerja keras mewujudkannya? Ini sebagaimana kata Mas Menteri, Nadiem, yang bahwa PTN-BH ini kalau di sepak bola, ibaratnya kasta tertinggi ada di Liga 1. Nah, kalau mau berubah, kita akan dapat hal yang lebih," jelas Rektor.

USK terus berpacu untuk meningkatkan diri dari setiap aspek. Penelitian yang selama ini sudah menunjukkan geliat cukup baik, terus digenjot. Prof Samsul Rizal pada pelantikan tersebut berpesan kepada para dekan serta pejabat lain, untuk terus memotivasi para dosen agar giat melakukan penelitan. Selama ini, katanya, USK telah  menganggarkan 15 persen dana penelitian dari total anggaran yang ada, dan kemungkinan akan naik menjadi 25 persen, jika USK resmi menyandang status PTN-BH.

"Jadi tidak ada alasan lagi tidak ada dana, semua sudah kita fasilitasi. Saya takut bukan dana tidak cukup, tapi dana lebih, apabila kita tidak fokus penelitian kepada masyarakat. Ini berlaku bukan hanya untuk fakultas eksat, namun juga sosial," ujarnya.

Prof Samsul Rizal mengapresiasi loyalitas serta kinerja Dr Alfiansyah yang selama 8 tahun mendampingi dirinya. Saat yang bersangkutan meminta izin untuk mengabdi di FT, Rektor memberikan dukungan penuh, memberikan kebebasan untuk berbuat demi USK. Namun, Rektor menginggatkan agar FT tak terlena.(jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved