Breaking News:

Aminullah Terima Dua Penghargaan dari Menteri PPPA-RI

Pemerintah Kota Banda Aceh menerima dua penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Editor: bakri
Aminullah Terima Dua Penghargaan dari Menteri PPPA-RI
PROKOPIM SETDAKO BANDA ACEH
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menerima dua penghargaan sebagai Kota Layak Anak dan Sertifi kat Ruang Bermain Ramah Anak Hutan Kota Tibang, dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Penghargaan diserahkan Sekretaris Deputi Bidang Pemenuhan Anak Kemen-PPPA, Hendra Jamal, di Gedung Kementerian PPPA, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

* Wali Kota Ucap Syukur dan Ajak OPD Terus Berprestasi

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh menerima dua penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, yaitu sebagai Kota Layak Anak kategori Madya dan Sertifikat Ruang Bermain Anak Hutan Kota Tibang.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, yang diserahkan dari Menteri PPPA-RI yang diwakili oleh Sekretaris Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA-RI, Hendra Jamal, di Gedung Kementerian PPPA, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Usai menerima penghargaan, Wali Kota mengucap syukur dan mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemko Banda Aceh untuk terus berprestasi. “Alhamdulillah atas prestasi tingkat nasional ini. Terima kasih kepada Dinas PPPA Banda Aceh dan semua pihak yang sudah berkontribusi. Mari semua OPD Banda Aceh untuk terus berprestasi,” tuturnya.

Menurut Aminullah, penghargaan Kota Layak Anak diberikan oleh Kementerian PPPA kepada pemerintah kabupaten/ kota yang berkomitmen dan fokus pada kebijakan pembangunan perlindungan anak, “Semua itu diukur melalui pencapaian 24 indikator Kota Layak Anak. Dan Banda Aceh menjadi salah satu yang terbaik dari 514 kabupaten/kota se- Indonesia,” terang Wali Kota.

“Penghargaan KLA ini diberikan kepa da daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Insyaallah ini akan menjadi momentum untuk pembangunan kota yang lebih baik lagi, khususnya dalam memperhatikan hak-hak dan perlindungan anak,” tambah Aminullah. Ketersedian Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) pun menjadi salah satu indikator wajib dalam pengembangan Kota Layak Anak.

Oleh sebabnya, Ruang Bermain Anak Hutan Kota Tibang diajukan Pemko Banda Aceh untuk diaudit dan disertifi kasi pada 2019 oleh Tim Auditor RBRA Kemen-PPPA. RBRA Hutan Kota Tibang Banda Aceh sendiri merupakan bagian dari Hutan Kota Tibang. Pemko Banda Aceh sudah menyediakan space tempat bermain anak di Hutan kota ini. Penyediaan ruang bermain berpedoman pada standarisasi dan sertifi kasi RBRA bertaraf nasional.

“Alhamdulillah juga kita mendapat skor penilaian 413 dengan predikat RBRA. Ketersedian ruang bermain ramah anak merupakan wujud komitmen Pemko Banda Aceh untuk mencapai Kota Layak Anak, demi melahirkan generasi gemilang penerus estafet kepemimpinan bangsa ini ke depan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kementerian PPPA-RI kembali memberikan per hargaan Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 kepada 275 kabupaten/kota. Para pemenang ditentukan melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim kemen- PPPA, tim dari kementerian/lembaga, dan tim independen.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved