Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Begini Kronologi Bentrok Warga dengan Pekerja PT ASN Afdeling II Versi Tokoh Pemuda Trumon Timur

Namun, kisruh tersebut sudah berhasil diselesaikan oleh Muspida bersama TNI/Polri dan saat ini situasinya dilaporkan sudah kondusif.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Saifullah
Foto dari FB Humas Korbrimob Polri
Tawuran antara warga dengan pekerja terjadi di PT ASN Afdeling di Desa Krueng Luas, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (12/10/2021). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Bentrokan yang terjadi antar warga dengan pekerja terjadi di PT ASN Afdeling II, Desa Krueng Luas, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (12/10/2021).

Namun, kisruh tersebut sudah berhasil diselesaikan oleh Muspida bersama TNI/Polri dan saat ini situasinya dilaporkan sudah kondusif.

Informasi yang diterima Serambinews.com dari salah seorang tokoh pemuda Trumon Timur, Zulfadli alias Jol Ranto yang juga mantan anggota DPRK Aceh Selatan, Rabu (13/10/2021) malam, menceritakan, bahwa kejadian itu bermula dari selisih paham antara salah seorang pekerja PT ASN Afdeling II dengan warga setempat.

"Kronologinya berawal dari kesalahpahaman, di mana salah seorang pekerja PT ASN Afdeling II berasal dari Nias mabuk tuak suling yang kemudian ditegur warga karena tidak sesuai dengan norma yang berlaku di Aceh. Namun warga asal Nias itu tidak terima atas teguran itu," ungkap Zulfadli.

Dari teguran itu terjadinya perkelahian dan berujung terjadi bentrokan antara warga dengan pekerja PT ASN Afdeling II.

Namun karena apara kepolisian dari Satuan Brimob dan Polsek serta Koramil cepat tanggap, kejadian tersebut berhasil diatasi dan saat ini situasinya sudah kondusif kembali.

Baca juga: Berawal dari Salah Paham, Warga Desa Krueng Luas Terlibat Bentrokan Dengan Pegawai PT ASN Afdeling

"Sudah ada perdamaian antara warga dengan pekerja PT ASN Afdeling II. Di mana pekerja yang tinggal di barak itu tidak boleh lagi tinggal di Trumon,” urainya.

“Sedangkan untuk pekerja di barak lain wajib melapor ke desa terkait keberadaan mereka di desa tersebut. dan itu sudah disepakati," jelas Zulfadli.

Saat ini, lanjutnya, situasi sudah aman dan kondusif, warga bersama pekerja di PT ASN Afdeling II sudah melaksanakan aktivitasnya seperti biasa.

"Kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi sehingga kita bisa hidup rukun dan damai, karena pada prinsipnya orang Aceh sangat menerima tamu sejauh tamu itu bisa menghargai norma-norma yang berlaku di Aceh," pungkasnya.

Seperti diberitakan, tawuran antar warga terjadi di PT ASN Afdeling Desa Krueng Luas, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Bentrok Warga dengan Pekerja PT ASN Afdeling Aceh Selatan Berakhir Damai, Situasi Aman dan Kondusif

Informasi mengenai tawuran tersebut diterima Serambinews.com, dari laman Facebook (FB) Humas Korbrimob Polri. 

Menurut informasi yang dilansir di laman FB Humas Korbrimob Polri ini, tawuran yang melibatkan warga dari Desa Krueng Luas dengan pegawai PT ASN Afdeling itu bermula dari kesalahpahaman antara warga dan pegawai PT ASN yang mengakibatkan pemukulan dari pegawai PT ASN kepada warga Krueng Luas dan sebagai pemicu terjadinya bentrok antar kubu.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved