Breaking News:

Berita Aceh Besar

Niat Musnahkan Sarang Tawon, Warga Tak Sengaja Picu Karhutla, 5 Ha Lahan Hangus di Lembah Seulawah

Penyebab kebakaran diduga karena ketidaksengajaan, di mana warga yang sedang memusnahkan sarang tawon justru memicu kebakaran hutan dan lahan.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Lahan seluas 5 hektare (Ha) di Desa Sukamulia, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (13/10/2021), terbakar. 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO – Lahan seluas 5 hektare (Ha) di Desa Sukamulia, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (13/10/2021), terbakar.

Penyebab kebakaran diduga karena ketidaksengajaan, di mana warga yang sedang memusnahkan sarang tawon justru memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan AP didampingi personel Pusdalops Maswani kepada Serambinews.com, Rabu (13/10/2021), mengatakan, petugas Damkar BPBD Pos Saree menerima informasi tentang adanya kejadian kebakaran lahan milik Hasbi dengan luas 5 hektare.

Lahan yang terbakar itu berada dekat dengan Jalan Nasional Banda Aceh-Medan, sehingga sempat menjadi perhatian warga yang sedang melintas ruas jalan tersebut.

Kondisi cuaca yang terik serta angin yang kencang membuat lahan yang terbakar terus meluas dan menjalar.

Menurut keterangan petugas Damkar yang melakukan pemadaman, awal mula penyebab kejadian kebakaran tersebut akibat dari pembakaran sarang tawon yang dilakukan oleh pemilik lahan.

Baca juga: Karhutla di Bener Meriah, BPBD Kerahkan 9 Damkar untuk Padamkan Api

 Dikarenakan angin yang kencang sehingga kobaran api terus meluas dan tak terkendali.

Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Saree setelah menerima informasi itu, langsung bergerak ke lokasi kejadian.

Setiba di lokasi kejadian, tampak api yang terus meluas sehingga petugas meminta bantuan tambahan armada dari Pos Seulimum, Pos Jantho, dan Pos induk Sibreh.

Tercatat, BPBD Aceh Besar mengerahkan lima unit armada pemadam kebakaran dan didukung 15 personel dalam melakukan upaya pemadaman.

Kondisi cuaca dan lahan yang berbukit membuat petugas kesulitan dalam melakukan upaya pemadaman serta angin yang kencang juga membuat api terus menjalar.

Setelah melakukan pemadaman, petugas juga masih terus berjaga jaga (standby) di lokasi kejadian karena dikhawatirkan ada sisa bara api yang belum terpadamkan membuat api akan menjalar kembali.

Baca juga: Aparat TNI/Polri dan Masyarakat Meurah Dua Pijay Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.40 WIB. Dalam melakukan  upaya pemadaman, petugas juga ikut dibantu oleh TNI, Polri, Polhut, dan masyarakat di sekitar lokasi kejadian.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved