Breaking News:

Bantuan Sosial

43 Warga Aceh Jaya Terima Bantuan dari Kementerian Sosial

Selain itu, kata dia, pihaknya akan melakukan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat selama 3 tahun ke depan agar masyarakat KAT Gle Putoh menjadi lebi

Penulis: Riski Bintang | Editor: Ansari Hasyim

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB menyerahkan bantuan jaminan hidup kepada 43 warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Dusun Seunong Bakti, Desa Gle Putoh, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (13/10/2021).

Bantuan jaminan hidup tersebut berupa peralatan kerja, peralatan rumah tangga dan bibit tanam.

Selain menyerahkan bantuan jaminan hidup, Bupati Aceh Jaya T Irfan TB juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah warga KAT di lokasi tersebut.

Ketua Lembaga Peduli Dhuafa Musfendi AR mengatakan, program Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (PKAT) Kementrian Sosial RI ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan KAT dalam aspek jasmani, rohani, dan sosial.

"Tahun ini penetapan lokasi KAT di Aceh hanya satu titik yaitu di Kabupaten Aceh Jaya, sebelumnya di Aceh Barat, Aceh Timur, Aceh Utara dan beberapa kabupaten lain. Total ada 33 lokasi KAT di seluruh Aceh," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan melakukan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat selama 3 tahun ke depan agar masyarakat KAT Gle Putoh menjadi lebih sejahtera, makmur dan mandiri.

Lagi Pulas Tertidur, Petani Ini Syok Saat Tiba-tiba Dibangunkan Polisi, Rupanya Terlibat Kasus Sabu

"Kami menargetkan selama 3 tahun pembinaan, masyarakat KAT di Aceh Jaya bisa mandiri, kami harap kekompakan dan partisipasi masyarakat guna tercapainya tujuan itu," kata dia.

Bupati Aceh Jaya T Irfan TB dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kepada kementerian Sosial RI telah menetapkan Dusun Seunong Bakti Desa Gle Putoh sebagai lokasi KAT di wilayah kabupaten Aceh Jaya.

"Semoga bantuan ini yang diberikan oleh Kementerian Sosial RI melalui Lembaga Peduli Duafa dapat bermanfaat bagi masyarakat KAT Desa Gle Putoh," ujarnya.

Baca juga: Ganti Segera Kartu ATM Pita Magnetik dengan ATM Chip, Batas Waktunya Paling Lambat 31 Oktober 2021

Bupati menambahkan, di Aceh Jaya masih ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan sebagai lokasi KAT yaitu Gampong Meureu kecamatan Jaya dan Buket Kumuneng di Kecamatan Pasie Raya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada Menteri Sosial RI untuk ditetapkan dua lokasi tersebut sebagai titik KAT lainnya di wilayah kabupaten Aceh Jaya.

Bupati juga berharap program PKAT Kementrian Sosial RI dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat adat terpencil di kabupaten Aceh Jaya.

"Kami mohon kepada Lembaga Peduli Dhuafa Aceh untuk mendampingi dan memberdayakan KAT desa Gle Putoh untuk lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved