Breaking News:

PT Pelindo

Empat PT Pelindo Digabung Jadi Satu, Presiden Jokowi: Kalau Seperti Ini kekuatannya Jadi Gede

"Hari ini Alhamdulillah tadi sudah disampaikan oleh Dirut Pelindo Pak Arif sudah terjadi Pelindo 1, Pelindo 2, Pelindo 3, Pelindo 4 menjadi PT Pelindo

Editor: Eddy Fitriadi
Dok setkab.go.id
Presiden Jokowi. Pemerintah akhirnya menggabungkan PT Pelabuhan Indonesia yang sebelumnya terdiri dari 4 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pelindo.  

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah akhirnya menggabungkan PT Pelabuhan Indonesia yang sebelumnya terdiri dari 4 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pelindo. 

Penggabungan Pelindo menjadi satu dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (14/10/2021).

"Hari ini Alhamdulillah tadi sudah disampaikan oleh Dirut Pelindo Pak Arif sudah terjadi Pelindo 1, Pelindo 2, Pelindo 3, Pelindo 4 menjadi PT Pelindo atau PT Pelabuhan Indonesia," kata Jokowi saat meresmikan holding PT Pelindo.

Presiden meminta perusahaan pelat merah itu bekerja sama dengan pelaku usaha di seluruh dunia. Sehingga jaringan Pelindo akan semakin luas dan dapat mendorong pengiriman langsung produk Indonesia.

Kehadiran holding perusahaan pelabuhan ini diyakini Jokowi akan meningkatkan keterhubungan logistik Indonesia.

Sehingga biaya logistik dapat ditekan dan mampu bersaing. "Biaya logistik kita bisa bersaing dengan negara-negara lain, artinya daya saing kita, competitiveness kita akan menjadi lebih baik," ungkap Jokowi.

Sebagai informasi, saat ini biaya logistik Indonesia masih 23% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Hal itu menunjukkan adanya inefisiensi mengingat biaya logistik di negara lain dapat mencapai 12% PDB.

Selain Pelindo, Jokowi juga mendorong unit BUMN lain dapat menggabungkan diri. Sehingga nantinya BUMN akan menjadi perusahaan besar yang memiliki daya saing.

"Jangan sampai kecil-kecil bertebaran, sehingga kekuatannya menjadi minim, baik dari sisi keuangan modal. Kalau bergabung seperti ini kekuatannya akan menjadi gede," pungkas Presiden.(*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Gabungkan Pelindo, Jokowi yakin biaya logistik bisa turun"

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved