Breaking News:

USK Jalin Kerja Sama dengan DPRK Aceh Barat

Universitas Syiah Kuala (USK) menandatangani naskah kerja sama (MoU) dengan DPRK Aceh Barat

Editor: bakri
FOTO HUMAS USK
Rektor USK, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU ASEAN Eng (empat kanan) dan Ketua DPRK Aceh Barat, Samsul Barmi (tiga kiri), memperlihatkan naskah kerja sama usai ditandatangani di Balai Senat USK, Darussalam, Banda Aceh, Kamis (30/9/2021). 

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (USK) menandatangani naskah kerja sama (MoU) dengan DPRK Aceh Barat. Kerja sama itu difokuskan pada bidang pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM). MoU tersebut ditandatangani Rektor USK, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU ASEAN Eng dan Ketua DPRK Aceh Barat, Samsul Barmi, di Balai Senat USK, Darussalam, Banda Aceh, pada Rabu (13/10/2021).

Ketua DPRK Aceh Barat berharap kerja sama ini bermanfaat bagi kemajuan Aceh Barat yang bermuara pada terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Menurut Samsul Barmi, Aceh Barat punya potensi besar, terutama di sektor pertanian dan kelautan. Aceh Barat, lanjutnya, juga terkenal di bidang pertambangan. Karena itu, ia berharap adanya transfer ilmu dari USK yang dikenal memiliki punya banyak pakar demi kemajuan Aceh Barat.

Sementara itu, Rektor USK menyambut baik kerja sama dengan DPRK Aceh Barat. Potensi SDM yang dimiliki USK, menurut Prof Samsul Rizal, sebagai salah satu yang terbaik di Sumatra, sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Namun, ia menekankan perlunya action yang nyata.

"USK menyambut baik kerja sama ini. Namun, MoU tidak ada artinya bila tidak action. Kami siap melihat potensi di Aceh Barat. Di Aceh, 73 persen masyarakat kita nelayan dan petani. Kalau mereka sejahtera, maka Aceh juga akan sejahtera," kata Prof Samsul Rizal seperti disampaikan Koordinator Humas USK, Ferizal Hasan SE, kepada Serambi, kemarin.

Lebih jauh, Rektor mengungkapkan, USK dan Pemkab Aceh Barat juga sudah mempunyai nota kesepahaman dan sudah diimplementasikan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam tahun 2021, sebut Prof Samsul Rizal, adalah mendukung kegiatan rencana induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kerja sama ini, tambah Rektor, memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka mewujudkan Kabupaten Smart City. USK siap mendukung Aceh Barat di berbagai bidang, salah satunya pertanian seperti nilam. Sebab, menurut Prof Samsul Rizal, USK dengan PUI ARC sudah bisa mengolah nilam menjadi produk turunan yang bernilai ekonomis tinggi.

"Di bidang pertambangan, USK siap membantu menyiapkan pakar dan tenaga ahli," pungkas Rektor USK.(jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved