Breaking News:

Demokrasi

Gampong Mulia Ditetapkan Sebagai Gampong Demokrasi di Kota Banda Aceh

Bukan tanpa alasan Gampong Mulia dipilih di antara sembilan puluh gampong yang ada di Banda Aceh untuk dijadikan Gampong Demokrasi,

Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Anggota Panwaslih Provinsi Aceh, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Marini meresmikan Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh sebagai Gampong Demokrasi, Kamis (14/10/2021). Peresmian ini ditandai dengan penabuhan rapa’i. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Anggota Panwaslih Provinsi Aceh, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Marini meresmikan Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh sebagai Gampong Demokrasi, Kamis (14/10/2021).

Peresmian ini ditandai dengan penabuhan rapa’i didampingi pimpinan Panwaslih Provinsi Aceh lainnya, Naidi Faisal selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, dan Fahrul Rizha Yusuf selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Zainal Arifin selaku Wakil Walikota Banda Aceh, Farid Nyak Umar selaku Ketua DPRK Banda Aceh, Syukriadi selaku Keuchik Gampong Mulia, Reza Kamilin selaku Camat Kuta Alam dan Afrida selaku Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh.

“Bukan tanpa alasan Gampong Mulia dipilih di antara sembilan puluh gampong yang ada di Banda Aceh untuk dijadikan Gampong Demokrasi, kami menilai berdasarkan indeks kerawanan Pemilu dan juga angka partisipasi masyarakat berdasarkan Pemilu 2019 yang lalu,” ujar Marini.

Baca juga: VIDEO Pantai Pasir Putih Lhok Mee Aceh Besar, Pantai Harus Dikunjungi Jika Berwisata

Ia juga mengungkapkan, Gampong Mulia merupakan gampong dengan “paket komplit” yang ditandai dengan adanya multi etnis, keberagaman keyakinan dan terletak pada kecamatan yang pemilihnya padat.

Ia berharap, dengan adanya program ini, partisipasi warga dalam demokrasi juga semakin meningkat dengan diberikannya pembekalan mengenai pengawasan Pemilu dan upaya-upaya pencegahan.

“Nantinya program ini akan diuraikan dalam peningkatan kapasitas warga dalam pengawasan partisipatif, pola-pola penegakan hukum dalam Pemilu, bentukan forum warga dalam isu demokrasi dan edukasi-edukasi intensif untuk meningkatkan kesadaran demokrasi masyarakat,” jelas Marini.

Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh, Afrida, menyampaikan tatanan kehidupan masyarakat Gampong Mulia yang beragam, diharapkan menjadi role model yang bertujuan untuk mensosialisasikan pengawasan Pemilu yang komprehensif.

Baca juga: Prof Misri di Kopelma, Prof Alyasa di Blower, Ini Daftar Tata Laksana Shalat Jumat 15 Oktober 2021

“dengan adanya keberagaman etnis dan agama yang sangat kental dengan solidaritas, diharapkan Gampong Mulia menjadi role model bagi gampong lainnya di Kota Banda Aceh dalam hal pengawasan Pemilu,” imbuh Afrida.

Ia juga berterima kasih kepada Panwaslih Provinsi Aceh karena telah mempercayakan Panwaslih Kota banda Aceh membentuk salah satu desa pengawasan partisipatif Pemilu.

“Terima kasih kepada Panwaslih Provinsi Aceh yang telah mempercayakan kami Panwaslih Kota Banda Aceh untuk membentuk gampong demokrasi sebagai gampong pengawasan partisipatif Pemilu,” ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved