Breaking News:

Aceh Finis di Posisi 12, Lewati Prestasi PON Jawa Barat

Kontingen Aceh berhasil finis di posisi 12 di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Kepastian itu setelah mengumpulkan 11 medali emas

Editor: bakri
ANTARA/NOVA WAHYUDI
Pertunjukan kembang api pada penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). PON XX Papua ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, disertai penyerahan bendera (pataka) PON oleh Ketua Umum KONI Marciano Norman kepada Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah. 

JAYAPURA – Kontingen Aceh berhasil finis di posisi 12 di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Kepastian itu setelah mengumpulkan 11 medali emas, 7 perak, serta 11 perunggu.

Raihan tersebut melewati prestasi ketika PON 2016 di Jawa Barat. Ketika itu, Tanah Rencong berhasil mengoleksi 8 medali emas, 7 perak, dan 9 perunggu. Demikian laporan wartawan Serambi, Imran Thaib dari Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Sebanyak 11 medali emas tersebut berasal dari cabang olahraga tarung derajat tiga medali, angkat besi dua medali, dan anggar, atletik, sepatu roda, binaraga, muatyhai, serta kempo masing-masing satu medali emas.

Sebagaimana diketahui, untuk PON di ujung Timur Indonesia tersebut, Kontingen Bumi Iskandar Muda mengirimkan 127 atlet. Mereka bertanding di 26 cabang olahraga.

Dari jumlah itu, sebanyak 12 cabang olahraga gagal menyumbangkan medali, yakni panjat tebing, bermotor, dayung, layar, menembak, renang, sepak takraw, selam, senam, taekwondo, biliar, dan terjun payung.

Sementara cabang yang berhasil mempersembahkan medali baik emas, perak atau perunggu meliputi atletik, anggar, angkat besi, judo, kempo, muaythai, pencak silat, panahan, rugby, sepakbola, sepatu roda, tarung derajat, dan wushu.

Selain itu, Kontingen Aceh juga mampu merebut dua medali emas PON dari cabang olahraga eksebisi. Kedua cabang itu kurash dan paramotor yang diperlombakan di Kabupaten Merauke.

Dari 14 kali pelaksanaan pesta multi event tersebut, Aceh pernah menduduki posisi 15 besar di PON 1989 di Jakarta. Ketika itu, Aceh mendulang 7 emas, 2 perak, dan 9 perunggu.

Kecuali melewati pencapaian di PON 2016 Jawa Barat dan 1989 di Jakarta, Kontingen Aceh kali ini berhasil menembus peringkat 12 besar. Praktis, ini menjadi posisi terbaik Tanah Rencong selama berpartisipasi di arena multi even terbesar di Tanah Air.

Medali terakhit Aceh hadir dari cabang sepakbola. Setelah absen selama dua kali perhelatan PON, Ketua Umum PSSI Aceh, Nazir Adam SE MM berhasil mempersembahkan medali perak dan menyamai prestasi PON 1993 ketika kalah dari tuan rumah Papua.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved