Breaking News:

‘Kita Akan Berjumpa Lagi di Ufuk Barat’

WAKIL Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin secara resmi menutup pelaksanaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan

Editor: bakri
ANTARA/NOVA WAHYUDI
PON XX Papua ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin 

WAKIL Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin secara resmi menutup pelaksanaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengucapkan salam perpisahan sekaligus menyerahkan estafet tuan rumah PON 2024 kepada Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.

"Kita akan berpisah di ufuk timur matahari terbit, Tanah Papua. Kita akan berjumpa lagi dalam PON XXI di ufuk barat matahari terbenam, yaitu Aceh dan Sumatra Utara," ucap Lukas dikutip dari Antara.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyatakan Papua telah meninggalkan kesan mendalam bagi dirinya walaupun baru kali ini datang selama menjabat. "Papua telah membuat saya jatuh hati, Papua sa cinta ko (saya cinta kamu)," ujar Ma'ruf menggunakan dialek Papua.

Ia pun memuji pelaksanaan PON XX yang dianggapnya sukses walau sempat diragukan banyak pihak. Bahkan Ma'ruf menilai, pelaksanaan PON XX adalah yang tersulit karena dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19.

"Sejarah akan mencatat bahwa PON yang untuk pertama kalinya dilakukan di Bumi Cenderawasih berlangsung sukses. PON ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut kerja ekstra dalam menerapkan protokol kesehatan, tapi ternyata Papua berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna, ini sesuai dengan semboyan torang bisa," katanya.

Ma'ruf juga menyoroti hubungan antardaerah yang semakin erat hingga meningkatkan rasa persaudaraan berkat pelaksanaan PON Papua. "Kesuksesan pelaksanaan PON 2021 juga membuktikan betapa solidnya kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia," kata Ma'ruf.

Saat penutupan kemarin, meski Stadion Lukas Enembe memiliki kapasitas 40 ribu penonton, namun panitia hanya memberikan kesempatan bagi 10 ribu orang untuk datang ke kegiatan itu. Mereka berasal dari undangan, pejabat, dan atlet cabang olahraga.

Kemacetan terjadi di jalan menuju stadion, karena, antusias masyarakat yang ingin hadir. Namun, tepat pukul 18.00 WIT, pintu menuju stadion langsung ditutup setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan ketat. Hanya yang memiliki undangan bisa masuk ke dalam stadion.

Acara penutupan PON Papua 2021 juga diramaikan oleh Noah, dengan lagu andalan mulai dari ‘Separuh Aku’, ‘Wanitaku’, sampai ‘Khayalan Tingkat Tinggi’. Atlet, ofisial, dan penonton yang berada di dalam stadion makin dibuat bersukacita saat Ariel dan kawan-kawan membawakan ‘Topeng’ sebagai lagu penutup.

Selain Noah, upacara penutupan PON Papua juga turut dimeriahkan oleh Saykoji, Iwa K, Yura Yunita, dan sejumlah musisi Papua, seperti Nogei, Blasta Rap Merauke, Kork Papua, M.A.C, dan Manggo Rap.(ran/kompas.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved