Breaking News:

Salam

Menggenjot Vaksinasi Menggapai Zona Hijau

Seluruh anggota Satgas Covid-19 Aceh sepakat untuk mempercepat realisasi target vaksinasi Aceh demi mewujudkan herd immunity

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman, SE Ak MM 

Seluruh anggota Satgas Covid-19 Aceh sepakat untuk mempercepat realisasi target vaksinasi Aceh demi mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok) agar Aceh bisa segera bebas dari cengkraman virus Corona. Itulah antara lain hal penting yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Aceh di Mapolda Aceh dua hari lalu.

Saat memimpin Rakor itu, Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM, mengatakan, pemetaan wilayah percepatan vaksinasi perlu segera disiapkan untuk meningkatkan dan merealisasikan target. Kemudian, sosialisasi penguatan literasi media kepada masyarakat agar terhindar dari berita hoaks seputar vaksin Covid-19 juga perlu diperkuat oleh Satgas. "Satgas Covid-19 Aceh perlu terus meningkatkan kinerja dan memperkuat sinergi agar wabah ini segera berakhir," ujar jenderal bintang dua ini.

Sedangkan Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, mengingatkan seluruh pihak dalam Satgas Covid-19 Aceh untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya peningkatan kasus positif. Menurut Dahlan, tren kasus yang menurun saat ini perlu dipertahankan dengan kerja keras menertibkan penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi di kalangan masyarakat.

Guna mendukung kelancaran vaksinasi di daerah, pemerintah terus berupaya keras untuk menyediakan vaksin ke seluruh daerah secara merata sehingga tidak ada yang terhambat vaksinasi hanya karena kehabisan vaksin seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lampau.

Dalam pekan ini, pusat mendistribusikan vaksin Pfizer dan vaksin AstraZeneca ke sejumlah provinsi. Dengan demikian, vaksinasi saat ini paling tidak menggunakan empat merek vaksin, yakni Sinovac, Moderna, Pfizer, dan AstraZeneca. Dari keempat merek itu, hanya Sinovac yang belum diakui Pemerintah Arab Saudi. Bagi kaum muslim yang berniat menjalankan ibadah umrah, tentu hal ini menjadi kendala. Makanya, belakangan ini, banyak masyaraat mulai memilih-milih vaksin yang diakui oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. 

Terkait dengan fenomena itu, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta masyarakat tak memilih-milih jenis vaksin Covid-19. Ia menyebutkan bahwa seluruh vaksin memberikan manfaat yang sama. "Semua merek vaksin berkhasiat untuk melindungi masyarakat. Oleh karenanya tidak perlu memilih-milih dan vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia pada saat ini," kata Airlangga.

Ia menegaskan, seluruh vaksin di Tanah Air terjamin keamanan, mutu, dan khasiat atau efikasinya. Sebab, vaksin-vaksin tersebut telah melalui proses evaluasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan World Health Organization (WHO), serta para ahli. "Masyarakat tidak perlu ragu atau khawatir menerima vaksin," ujarnya.

Sedangkan bagi penerima vaksin Sinovac yang ingin beribadah umrah, nantinya pemerintah sudah menjamin akan memberikan vaksin dosis ketiga (booster) menggunakan salah satu merek vaksin yang disetujui Pemerintah Kerajaan Arab Saudi bagi calon jamaah umrah. “Jadi, masyarakat tak perlu cemas,” kata pejabat Kementerian Agama beberapa hari lalu.

Menyusul gencarnya vaksinasi dalam beberapa bulan terakhir, tingkat kesembuhan pasien Covid juga sangat menggembirakan, yakni mencapai 95,8 persen. Dan, angka positif baru juga menurun drastis dibandingkan dua bulan lalu. Karenanya, saat ini, Pemerintah Kabupaten/Kota juga sudah sangat semangat menggelar vaksinasi kepada masyarakat setiap hari di banyak tempat. Banda Aceh, yang marupakan wilayah terparah (dihitung berdasarkan jumlah korban yang terpapar) saat ini pun sangat optimis untuk memasuki zona hijau Covid-19. “Tapi, saya imbau masyarakat (yang belum vaksin) untuk segera menerima vaksin. Selain itu, warga saya minta tetap patuh pada protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah,” kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Nah!?

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved