Breaking News:

UTU Peringkat 3 PTN Se-Sumatera Dalam Hal Pertumbuhan IKU

Universitas Teuku Umar (UTU) secara beruntun berhasil memenangkan 13 jenis kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/SA’DUL BAHRI
Rektor UTU Meulaboh, Prof Dr Jasman J Ma'ruf       

MEULABOH - Universitas Teuku Umar (UTU) secara beruntun berhasil memenangkan 13 jenis kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek. Kali ini UTU berhasil mempersembahkan prestasi dalam hal pertumbuhan dan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU). UTU berhasil menempati peringkat ke-3 untuk Wilayah Sumatera dalam hal pertumbuhan IKU (dengan skor 390). Setelah Universitas Negeri Padang  (573) dan Universitas Riau (397).

Sementara itu dalam hal pencapaian IKU, UTU berhasil meraih ranking ke-7 dari seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera. Informasi tersebut diperoleh Serambi berdasarkan salinan keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbud Ristek Nomor 135/E/KPT/2021, tentang penghargaan capaian IKU perguruan tinggi negeri.

UTU yang tergabung dalam Liga PTN Satker, menempati peringkat 2 dalam hal pertumbuhan dan peringkat 5 untuk pencapaian IKU secara nasional. Atas capaian prestisius tersebut, UTU diganjar penghargaan berupa dana insentif sebesar Rp 1,8 miliar.

Selain itu, UTU juga berhasil mendapatkan penghargaan keunggulan IKU PTN Satker untuk IKU 6, yang mana UTU meraih posisi nomor satu secara nasional. Atas prestasi tersebut UTU juga mendapat insentif sebesar Rp 1 miliar. Sehingga total dana insentif yang berhasil dibawa pulang oleh UTU sebesar Rp 2.864.000.000.

"Alhamdulillah, prestasi ini patut kita syukuri, mengingat usia kita yang baru 7 tahun berstatus PTN, kita telah berhasil meningkatkan prestasi dalam sejumlah bidang, terutama untuk Liga IKU ini," kata Rektor UTU, Prof Dr Jasman J Ma'ruf kepada Serambi, Jumat (15/10/2021).

Disebutkan, selain itu UTU meraih posisi nomor satu di seluruh PTN Indonesia dalam hal pencapaian IKU 6 (kerja sama), yaitu meraih pencapaian 100% disusul Universitas Negeri Yogyakarta (PTN BLU) dengan pencapaian 86%, dan Institut Teknologi Bandung (PTN BH) dengan pencapaian 75%

Untuk wilayah Aceh, ranking pencapaian IKU tertinggi diraih oleh USK dengan skor 42, berikut disusul UTU (34), UNIMAL (18), USAM (14), dan ISBI (11). Sementara itu dalam hal pertumbuhan IKU, ranking pertama ditempati UTU dengan skor 390, disusul USK (164), UNSAM ((97), UNIMAL (64) dan ISBI (18).

Untuk diketahui, Indikator Kinerja Utama (IKU) merupakan salah satu kebijakan Kemendikbud Ristek turunan dari program Kampus Merdeka yaitu mengenai Pendanaan untuk Perguruan Tinggi. Artinya, melalui proses pelaksanaan Merdeka Belajar, maka disalurkan dana insentif untuk menunjang proses tersebut.

Namun, dana insentif ini tidak serta merta akan diterima oleh semua perguruan tinggi di tanah air. Hanya untuk PTN yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan, yakni yang telah mencapai Indikator Kinerja Utama atau IKU.(c45)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved