Breaking News:

20 Hektare Lahan Gambut Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Nagan Raya, Sabtu (16/10/2021), tepatnya di Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur

Editor: bakri
DOK. BPBD KARHUTLA
Kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, diambil dari udara. Total luas lahan terbakar diperkirakan mencapai 20 hektare. 

SUKA MAKMUE - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Nagan Raya, Sabtu (16/10/2021), tepatnya di Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur. Total luas areal terbakar diperkirakan mencapai 20 hektare (ha).

Tiga hari lalu, kebakaran lahan juga terjadi di Cot Rambong Kecamatan Kuala Pesisir, dengan luas lahan terbakar mencapai 1,5 ha.

Tim gabungan dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya bersama TNI dan Polri telah dikerahkan membantu memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Darul Makmur. 

Untuk menuju lokasi karhutla, dari Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur menempuh perjalanan 1 jam dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh beberapa kilometer.

Hingga Sabtu sore kemarin, api masih belum berhasil dipadamkan. Tim melakukan penyiraman menggunakan air yang digali dari saluran. Selain itu, sejumlah parit juga dibuat untuk memutuskan kobaran agar tidak semakin meluas.

Selain itu, dua unit beko juga ikut dikerahkan ke lokasi. Hingga kemarin, belum diketahui apakah lahan terbakar tersebut milik masyarakat atau milik perusahaan sawit. Sebab di lokasi lahan terbakar, selain lahan kosong juga sebagian diisi oleh tanaman kelapa sawit.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Nagan Raya, Irfanda Rinadi melalui tim Pusdalops, Agus Salim yang ditanyai Serambi Sabtu mengatakan, upaya pemadaman masih terus dilakukan. "Data sementara areal terbakar sekitar 20 hektare," sebutnya.

“Titik yang terbakar masih terrus kita pantau,” imbuhnya sembari mengimbau warga tidak melakukan pembakaran lahan ketika berkebun agar terhindari dari karhutla.

Sementara itu, BMKG Stasiun Meteorologi di Nagan Raya melansir prakiraan cuaca di kawasan barat selatan Aceh. Cuaca cerah berawan terjadi di delapan kabupaten/kota, dengan suhu berkisar 23-32 derajat celsius. Karena itu, warga di delapan kabupaten itu diimbau waspada, terutama daerah-daerah yang sering terjadi karhutla.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Nagan Raya, Irfanda Rinadi menyebutkan, hingga tadi malam sudah 70 persen kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sudah padam. Karena itu, pemadaman akan kembali dilanjutkan pada Minggu (17/10/2021). "Kita doakan hujan segera turun sehingga bisa padam total," harap Irfanda.

Dikatakan, akses ke lokasi yang jauh menyulitkan pemadaman, sehingga tidak bisa dikerahkan armada kebakadan. Pemadaman hanya bisa dilakukan dengan menggunakan selang yang ditarik menggunakan mesin robin.(riz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved