Breaking News:

Berita Aceh Barat

Permudah Izin Pelaku Usaha, Aceh Barat Sosialisasi Aplikasi OSS RBA

Sosialisasi OSS RBA tahun 2021 ini digelar di ruang rapat Wakil Bupati Aceh Barat, Senin (18/10/2021).

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Mursal Ismail
Dokumen Kominsa Aceh Barat
Para peserta dari ODP dan DPMPTSP mengikuti kegiatan sosialisasi aplikasi OSS RBA, Senin (18/10/2021) di Ruang Rapat Wakil Bupati Aceh Barat di Meulaboh 

Sosialisasi OSS RBA tahun 2021 ini digelar di ruang rapat Wakil Bupati Aceh Barat, Senin (18/10/2021).

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mulai sosialisasikan penerima hak akses turunan OSS RBA tahun 2021.

OSS RBA adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). 

Sosialisasi OSS RBA tahun 2021 ini digelar di ruang rapat Wakil Bupati Aceh Barat, Senin (18/10/2021).

Sistem pelayanan perizinan yang berbasis risiko ini diharapkan dapat mempermudah layanan perizinan bagi para pelaku usaha melalui sistem elektronik terintegrasi dalam aplikasi OSS RBA tersebut.

"Dengan adanya sistem OSS RBA, pelaku usaha dapat memperoleh izin dalam waktu yang singkat tanpa perlu repot mengantre dan membawa dokumen fisik ke instansi terkait. 

Soalnya seluruh data dapat diupload dan diisi melalui aplikasi OSS RBA," ucap Kepala DPMPTSP Kabupaten Aceh Barat, Edy Juanda dalam sosialisasi itu. 

Kegiatan itu diikuti oleh tim teknis yang berasal dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Dikatakan Edy Juanda, bahwa OSS RBA merupakan versi terbaru sistem pelayanan perizinan tunggal yang dikeluarkan Pemerintah pusat guna menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja pasca Sistem Online Single Submission (OSS) versi 1.1 diberhentikan operasionalnya oleh pusat pada 30 Juli lalu.

Sistem tersebut bekerja berdasarkan penilaian tingkat risiko, yakni risiko rendah, menengah rendah, menengah tinggi, dan tinggi, yang nantinya akan dikelompokkan untuk mendapatkan verifikasi, pengawasan, pembinaan, serta evaluasi oleh OPD terkait sebelum diteruskan ke DPMPTSP.

"Dalam sistem ini, OPD memiliki hak akses langsung terkait layanan perizinan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki," ujarnya.

Menurutnya, pemegang hak akses turunan sangat penting perannya sehingga perlu penguatan kapasitas, untuk membangun koordinasi yg baik antara instansi teknis dan DPMPTSP.

Untuk itu, ia berharap para peserta dapat mengikuti sosialisasi ini secara optimal guna  memberikan pemahaman dalam menerapkan layanan perizinan berbasis elektronik yang masih tergolong baru ini harapnya

"Semoga dengan adanya kerja sama dan sinergitas yang baik antar OPD, sistem OSS RBA bisa berjalan dengan baik dalam memberikan akses perizinan secara efektif dan efisien kepada para pelaku usaha di Aceh Barat ini," jelasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved